Mau Lolos SBMPTN tanpa Bimbel? Cek Tipsnya di Sini

Senin, 04 April 2022 - 11:21 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Lolos UTBK-SBMPTN 2022 tapi Tidak Diambil, Ini Konsekuensinya

4. Latihan Soal Sebanyak Mungkin

Keasyikan mendalami teori memang sering kali bikin peserta lupa berlatih mengerjakan soal. Selalu imbangi teori yang sudah dipelajari dengan mengerjakan soal-soal sebanyak mungkin. Cara ini akan membantumu “meraba” jenis soal seperti apa yang sekiranya akan diujikan nanti.

5. Ikut Try Out

Tips SBMPTN berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah mengikuti try out—bisa secara mandiri atau try out berbayar yang diselenggarakan lembaga-lembaga kursus. Untuk yang ini, kamu lebih disarankan ikut try out lembaga agar lebih mantap dalam mengerjakan.

Try out tidak hanya bertujuan menguji sejauh mana kemampuan dan kesiapanmu dalam menghadapi SBMPTN, tetapi juga mempersiapkan fisik dan psikis agar tak kaget saat ujian sebenarnya berlangsung. Kenapa? Suasana try out pasti dirancang mirip dengan ujian SBMPTN yang sesungguhnya.

6. Evaluasi Kelemahan

Meski merasa sudah belajar dengan maksimal, jangan mudah puas dengan progres dan hasilnya—apalagi kamu mempersiapkan ujian tanpa mengikuti bimbel. Cara terbaik adalah dengan mengevaluasi kelemahan lewat soal-soal.

Dari semua soal yang sudah kamu kerjakan, berapa banyak yang masih salah? Di situ kamu bisa mengetahui materi mana saja yang belum dimengerti dengan baik. Selanjutnya kamu bisa menjadikan hasil evaluasi sebagai bahan belajar sampai betul-betul paham.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)