Syarat Kuliah di Jepang dan 5 Universitas Terbaiknya

Selasa, 05 April 2022 - 14:05 WIB
loading...
A A A
3. Ujian Masuk Universitas

Selain syarat bahasa, bagi mahasiswa internasional harus mengikuti ujian masuk universitas atau yang biasa dikenal dengan tes EJU (Examination for Japanese University). Ini adalah test yang menilai kemampuan berbahasa Jepang dan kemampuan akademik calon mahasiswa asing yang akan belajar di Jepang.

Ujian ini dilakukan secara serentak di Jepang dan luar negeri serta dilaksanakan dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan November. EJU sendiri dilaksanakan di 16 kota di Jepang dan 14 negara, salah satunya Indonesia. Kamu bisa mencari latihan soal test nya di berbagai lembaga yang terdaftar.

4. Perhatikan Jadwal Pendaftaran Kampus

Sebelum mendaftar ke kampus yang dituju pastikan semua dokumen pendukung seperti ijazah sudah disiapkan. Pantau terus mengenai jadwal pendaftaran dan ujian di masing-masing kampus sebab jadwalnya bisa berbeda-beda tergantung penetapan perguruan tinggi itu sendiri. Tetapi umumnya ada tes ujian masuk universitas yang berbeda dengan tes ujian masuk nasional.

Baca juga: Dosen ITERA Olah Limbah Batang Sawit Jadi Kertas Pendeteksi Kesegaran Makanan

5 Universitas Terbaik di Jepang

1. Universitas Tokyo

Universitas Tokyo adalah universitas yang telah berumur 117 tahun dan menjadi universitas penelitian negeri ternama di Jepang serta juga merupakan anggota pertama dari Tujuh Universitas Nasional. Meski hampir segala jenis bidang akademis diajarkan di sini, kampus ini paling terkenal akan fakultas hukum dan sastra.

2. Kyoto University

Didirikan pada 1897 sebagai Universitas Imperial Kyoto dan merupakan universitas negeri tertua nomor dua di Jepang. Universitas Kyoto memiliki 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto hingga kini telah menghasilkan 5 penerima Penghargaan Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)