Kolaborasi dengan Netflix, Kemendikbud Dinilai Tidak Menjawab Persoalan PJJ

Kamis, 18 Juni 2020 - 13:13 WIB
loading...
Kolaborasi dengan Netflix, Kemendikbud Dinilai Tidak Menjawab Persoalan PJJ
Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Satriwan Salim menilai Mendikbud Nadiem Makarim tidak menjawab persoalan berkolaborasi dengan Netflix . Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) ikut menyoalkan rencana penayangan film-film dokumenter persembahan Netflix melalui saluran TVRI mulai 20 Juni nanti. Film-film tersebut merupakan bagian dari kolaborasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Netflix dalam program Belajar dari Rumah.

“Ini justru enggak menjawab persoalan. Yang dibutuhkan anak selama PJJ (pembelajaran jarak jauh) ini adalah listrik dan internet gratis untuk guru maupun siswanya. Karena mereka selama ini belajar enggak bisa,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal FSGI Satriwan Salim kepada SINDOnews, Kamis (18/6/2020). ( )

Satriwan menilai Kemendikbud seharusnya fokus mengevaluasi program belajar dari rumah (BDR) yang sudah terlaksana selama tiga bulan di masa pandemi. Sebab, banyak persoalan yang muncul dari kalangan guru dan siswa, terutama mereka yang tidak terlayani listrik dan internet.

Dia juga merujuk pada laporan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang mengungkapkan masih ada sekitar 46 ribu satuan pendidikan yang terkendala jaringan internet dan listrik.

“Kebutuhan-kebutuhan pokok inilah yang mestinya dipenuhi dulu oleh Kemendikbud dan kementerian lainnya. Kan sudah ada waktu tiga bulan untuk mengevaluasi PJJ. Mestinya ada perbaikan dong,” tegas dia.

Sebagai informasi, Kemendikbud mengumumkan kemitraan dengan penyedia layanan hiburan streaming kelas dunia, Netflix. Sebagai bagian dari program Belajar dari Rumah dan untuk pertama kalinya di dunia, film-film dokumenter Netflix akan ditayangkan melalui saluran televisi. (Baca juga: Gandeng Netflix, Kemendikbud Dinilai Tidak Beri Ruang kepada Anak Bangsa)

Film-film dokumenter persembahan Netflix akan tayang perdana setiap Sabtu pukul 21.30 WIB dan tayang ulang setiap Minggu dan Rabu pada pukul 09.00 WIB. Tayangan-tayangan ini akan disiarkan secara terestrial melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)