Mahasiswa UI Borong 2 Juara di Kompetisi Internasional Smartphone Control Boat 2021

Sabtu, 09 April 2022 - 14:08 WIB
loading...
Mahasiswa UI Borong 2 Juara di Kompetisi Internasional Smartphone Control Boat 2021
Mahasiswa UI meraih juara 1 dan 2 dalam ajang kompetisi internasional, Smartphone Control Boat Competition 2021. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia ( UI ) yang tergabung dalam Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI kembali mempersembahkan prestasi membanggakan dari ajang kompetisi internasional, Smartphone Control Boat Competition 2021.

Tim AMV UI mengirimkan dua tim pada kompetisi ini dan keduanya berhasil meraih Juara 1 (Tim Makara Phantom) dan Juara 2 (Tim Autonomous Marine Vehicle).



Kedua tim yang terdiri dari 28 mahasiswa Fakultas Teknik (FTUI), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI) ini, mengalahkan 11 tim lain yang berasal dari berbagai universitas Indonesia dan Malaysia.

Smartphone Control Boat Competition 2021 merupakan kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Technomarine Club UTM, Universiti Teknologi Malaysia pada November 2021–Maret 2022.

Kompetisi ini memfokuskan pemaparan mahasiswa tentang konsep dasar proyek Internet of Things (IoT) & Electronic DIY. Penilaian dewan juri dilakukan berdasarkan desain, performa, teknis dan presentasi.



Peserta kompetisi ini melalui beberapa tahapan lomba, mulai dari sesi pengarahan dan tutorial, membeli perangkat elektronik sendiri secara online, membuat model perahu fungsional yang dikendalikan smartphone dan bersaing dengan tim lain berdasarkan kinerja, dan yang terakhir adalah penilaian oleh dosen dan otoritas profesional di bidang maritim.

Keunggulan desain prototipe kapal yang dibuat oleh Tim Makara Phantom adalah rigiditas kapal yang kuat dan penggunaan power system yang hemat energi serta murah. Untuk mengatur daya kapal, pihaknya menggunakan teknologi yang disebut Pulse Width Modulation (PWM).

"PWM adalah metode untuk mengurangi daya rata-rata yang dikirim oleh sinyal listrik dengan memotongnya secara efektif. Dengan menggunakan PWM, daya motor kapal dapat diatur antara nol sampai seratus persen. Jadi, kapal kami dapat bermanuver layaknya tank dan dapat mengindari kapal lain dengan baik,” kata Felix Yaman Kusuma, anggota Tim Makara Phantom.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)