Rintis Startup saat Kuliah? Ini Tips yang Perlu Mahasiswa Tahu

Senin, 18 April 2022 - 19:19 WIB
loading...
Rintis Startup saat Kuliah? Ini Tips yang Perlu Mahasiswa Tahu
Doktor Muda UNS membagikan langkah untuk membangun startup. Foto/Tangkap layar laman UNS.
A A A
JAKARTA - Jiwa wirausahawan perlu dipupuk sejak dini termasuk sejak di bangku kuliah. Salah satunya dengan membangun startup . Namun banyak mahasiswa yang takut mengembangkan startup karena berbagai alasan.

Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta pun mendorong para mahasiswanya untuk mendirikan startup sejak kuliah. Salah satunya dengan memberikan informasi melalui webinar bertajuk “Merintis Startup Saat Masih Kuliah, Kenapa Enggak?”.

Webinar yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings ini diikuti lebih dari 80 partisipan. Para partisipan berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga dosen baik dari UNS maupun luar UNS.

Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah mengatakan, pihaknya sangat mendukung para mahasiswa untuk dapat mengembangkan startup sejak kuliah. Webinar ini merupakan salah satu cara untuk mendukung hal tersebut. Lebih lanjut, Prof. Izza menjelaskan, mahasiswa tidak perlu khawatir mengenai pendanaan karena FEB akan membantu mencarikan dana. Namun, startup yang akan mendapat pendanaan harus melewati seleksi tertentu.

Baca: Quipper Gelar Tryout UTBK Nasional Gratis, Diikuti 46.000 Siswa

“Kami berharap mahasiswa di FEB UNS bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang produktif, apalagi sekarang peluangnya luar biasa. Nanti selain dapat mengajukan di Semesta, tim KWU FEB UNS akan menyeleksi beberapa kelompok yang akan kami mintakan dana ke kemahasiswaan. Nanti juga akan ada peluang-peluang lain yang lebih bagus lagi,” jelasnya, dilansir dari laman resmi UNS, Senin (18/4/2022).

Webinar kali ini diisi oleh Kepala Divisi Startup dan Inkubasi UNS, Catur Sugiarto. Doktor muda lulusan Aix Marseille University, Prancis ini cukup lama menggawangi startup di UNS. Untuk itu, Catur diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan bagi mahasiswa FEB UNS terkait startup.

Catur mengungkapkan, startup merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk berwirausaha. Catur menilai mahasiswa memiliki potensi besar untuk mengembangkan startup.

“Potensi yang dimiliki mahasiswa saat ini sangat besar dan startup saya kira menjadi satu istilah dan model bisnis yang relevan di era saat ini, di era digital, di era pandemi untuk menjadi solusi permasalahan berbagai pihak,” ujar Catur.

Baca juga: Kemenag Kembali Buka Program Beasiswa 5.000 Doktor, Tertarik?

Mendirikan Startup dengan Lima Langkah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1411 seconds (11.210#12.26)