Pentingnya Keberadaan Media Alternatif di Tengah Masyarakat Era Digital

Senin, 18 April 2022 - 21:34 WIB
loading...
A A A
4. Untuk Menceritakan Realitas Tertentu

Konten media alternatif ada kalanya menyentuh hal-hal yang bersifat menceritakan sisi lain dari sesuatu yang populer. Akan tetapi, hal itu masih jarang diketahui masyarakat. Contohnya adalah ketika Anda menyaksikan video liputan tentang realitas kehidupan pekerja dengan profesi yang tidak umum bagi masyarakat. Berita tersebut bisa saja berada di media arus utama, tapi tentunya memiliki porsi yang berbeda.

Tanpa media alternatif, akan sangat sulit untuk memahami seperti apa situasi sebenarnya. Media alternatif perlu hadir dengan sudut pandang berbeda yang mungkin terlewatkan oleh media mainstream. Atau bahkan menyuarakan sudut pandang dari pihak-pihak yang tidak memiliki kesempatan bersuara.

Dari ulasan singkat di atas, bisa kita pahami bahwa media alternatif memiliki peran sangat krusial untuk menyebarluaskan berbagai informasi. Bukan hanya agar masyarakat mendapatkan informasi yang lengkap, tapi juga untuk membantu masyarakat membuat keputusan-keputusan penting terkait kehidupannya. Keberadaan media alternatif akan tetap ada dan berkembang, selama peradaban masyarakat juga masih ada.

Penulis:
Prodi Komunikasi Universitas Bakrie
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)