12 Tips Lulus Jalur UTBK-SBMPTN 2022 Fakultas Kedokteran

Selasa, 03 Mei 2022 - 07:30 WIB
loading...
12 Tips Lulus Jalur UTBK-SBMPTN 2022 Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Masuk perguruan tinggi negeri ( PTN ) dengan fakultas kedokteran menjadi idaman bagi para siswa pendidikan kelas 3 SMA terutama jurusan IPA.

Masuk pada fakultas kedokteran terbilang memiliki persaingan yang cukup ketat. Karena itu, calon mahasiswa diharuskan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan strategi yang tepat.



Dilansir dari sejumlah sumber, berikut trik masuk fakultas kedokteran jalur UTBK-SBMPTN 2022:

1. Menguasai Materi IPA

Tips rahasia lulus UTBK-SBMPTN 2022 fakultas kedokteran adalah menguasai materi IPA. Sebab materi ini akan menjadi tantangan utama apabila ingin masuk ke jurusan Kedokteran.

Apalagi dalam tes SBMPTN nanti kamu akan menghadapi empat materi pelajaran yang akan diujikan yakni Fisika, Biologi, Kimia dan tentu saja Matematika.

Meskipun jurusan Kedokteran juga dikenal hanya harus menguasai ilmu Biologi dan Kimia, akan tetapi pada dasarnya Kedokteran akan mempelajari ilmu yang lebih kompleks lagi dari keempat mata pelajaran yang sudah disebutkan tadi.



2. Memulai Start Lebih Awal

Dalam langkah ini berlaku adanya pepatah siapa cepat dia dapat. Bagi seseorang yang lebih dahulu melatih dan mempersiapkan diri dibandingkan teman lainnya, maka dia akan merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan UTBK-SBMPTN dan berbagai pesaing yang ingin mendapatkan bangku fakultas kedokteran.

Dengan menunda persiapan, maka selangkah pula menunda keberhasilan masuk fakultas kedokteran. Kalian tidak ingin kesempatan itu terlewat begitu saja bukan? maka persiapan awal akan sangat menentukan keberhasilan kalian dalam menghadapi UTBK-SBMPTN 2022 mendatang.

3. Mengaplikasikan Metode Belajar yang Efektif

Kalian mungkin selama ini sudah percaya diri bahwa sudah belajar dengan benar dan tepat. Tapi pertanyaannya apakah sudah efektif? Belajar seharian penuh sampai lupa istirahat dan makan apakah itu efektif? Tentu saja tidak.

Maka saran di tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran selanjutnya ialah kalian wajib mengaplikasikan metode belajar yang efektif dan juga tepat sasaran.

Jangan sampai kalian berpikir bahwa belajar terus menerus tanpa istirahat itu akan membuahkan hasil yang memuaskan. Karena sudah banyak kasusnya yang justru menjadi drop bahkan jatuh sakit.

4. Mengikuti Bimbingan Belajar Ekstra

Kalian tahu bahwa masuk kedokteran akan sangat menantang, makanya persiapan dan amunisi yang harus kalian siapkan pun tidak biasa. Jika biasanya kalian belajar di angka 7, maka kini harus bisa belajar di angka 8 bahkan 9.

Makanya, mengikuti bimbingan belajar ekstra masuk dalam tips rahasia lulus SBMPTN fakultas kedokteran. Apabila kalian mengikuti bimbingan belajar, kalian membuktikan kesiapan dan keseriusan untuk bisa lolos fakultas kedokteran via jalur SBMPTN.

5. Tinjau Kemampuan Diri

Tips rahasia lulus SBMPTN fakultas kedokteran berikutnya adalah meninjau kemampuan diri. Mengapa? Sebab kalian harus tahu sekeras apa keinginan untuk lolos SBMPTN ini.

Jangan memaksakan diri apabila kalian ragu pada diri sendiri. Namun jika kamu ingin berjuang, maka berusahalah semaksimal mungkin. Meninjau kemampuan diri juga berarti menilai sejauh mana kalian sanggup berjuang.

6. Berusaha Lulus Ujian Nasional

Untuk kalian yang sudah berada di kelas 12 pasti akan sangat sibuk menjelang Ujian Nasional. Berbagai simulasi macam try out atau latihan soal pun pasti akan dihadapi.

Nah, tips rahasia lulus SBMPTN fakultas kedokteran berikutnya adalah sebelum kalian berharap lulus SBMPTN maka harus berjuang terlebih dahulu agar lulus Ujian Nasional.

7. Mengecek Kuota Penerimaan Saat Memilih Kampus

Ini tentu saja sangat penting untuk kalian perhatikan sebelum ingin masuk ke Jurusan Kedokteran. Mengecek kuota penerimaan di kampus yang memang kalian incar ada di langkah kedua tips rahasia lulus SBMPTN fakultas kedokteran yang perlu kalian tahu.

Tujuannya agar kalian bisa tahu apa yang harus dipersiapkan agar bisa masuk ke kampus idaman tersebut. Hal ini juga bisa menjadi motivasi khusus agar kalian berjuang lebih keras.

8. Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris

Poin ini sebenarnya disarankan untuk kalian yang memilih jurusan apa pun, tidak harus Kedokteran saja. Namun apabila kalian memang ingin masuk jurusan Kedokteran, maka disarankan untuk semakin mengasah kemampuan berbahasa Inggris.

9. Belajar untuk Tes Kemampuan Akademik (TPA)

Tips rahasia lulus SBMPTN fakultas kedokteran yang disarankan berikutnya adalah belajar untuk tes kemampuan akademik.

Sebab, untuk berkuliah di jurusan kedokteran, kalian tentu harus menguasai kemampuan akademik yang nanti akan diujikan. Makanya disarankan agar menghafal dan memahami semua materi nanti.

Apabila kalian asih bingung harus memulai belajar dari mana, kalian bisa memanfaatkan internet atau belajar pada orang yang sudah lebih dulu lulus jurusan kedokteran. Bisa juga senior kamu di sekolah.

10. Meningkatkan Ilmu Menulis dan Bahasa

Selanjutnya, dari rangkaian tips rahasia lulus SBMPTN fakultas kedokteran kalian juga harus melatih dan meningkatkan teknik menulis dan bahasa Indonesia kamu lho. Sebab kemampuan satu ini juga akan ikut dinilai.

Soal Bahasa Indonesia akan muncul lebih kurang 15 soal dalam SBMPTN. Untuk meningkatkan ilmu satu ini, kalian bisa mencari materi soal di internet atau bisa juga dengan mengikuti bimbel.

11. Menghafal Rumus Sedini Mungkin

Untuk mempersiapkan lulus SBMPTN fakultas kedokteran, disarankan agar menghafal rumus sedini mungkin. Tujuannya agar kalian semakin mantap saat menghadapi soal yang keluar nanti.

12. Mengurangi Kegiatan Kurang Bermanfaat

Menjelang ujian SBMPTN nanti, disarankan untuk mengurangi juga kegiatan kurang bermanfaat. Apalagi jika ingin mendaftar di jurusan Kedokteran. Kalian harus tahu kalau kamu harus mempersiapkan fisik agar selalu sehat dan fit.

Oleh karena itu, mengurangi kegiatan kurang bermanfaat masuk dalam daftar tips rahasia lulus SBMPTN fakultas kedokteran yang harus di aplikasikan sekarang juga. Sebab, ketika kalian tidak enak badan atau bahkan sakit, malah bisa jadi repot nanti.

Percayalah dengan mengurangi waktu bermain dengan teman akan sangat efektif untuk menjaga kondisi tubuh dan konsentrasi kalian pada apa yang sangat diinginkan saat ini, yakni lulus SBMPTN fakultas kedokteran.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)