Prodi Keperawatan UEU Ciptakan Inovasi Model Homecare di Indonesia

Jum'at, 20 Mei 2022 - 01:54 WIB
loading...
Prodi Keperawatan UEU Ciptakan Inovasi Model Homecare di Indonesia
Prodi Ners dan Keperawatan UEU menggelar webinar terkait penerapan pelayanan homecare di Indonesia. Foto/Dok/UEU
A A A
JAKARTA - Program Studi (Prodi) Ners dan Keperawatan Universitas Esa Unggul ( UEU ) menggelar Webinar bertajuk The Development of nursing homecare implementation in various country perspectives, Taiwan, United Stated, and Indonesia.

Sejumlah pembicara dari dalam maupun luar negeri pun dihadirkan dalam webinar ini, yakni Dr. Sophia Huey-Lan Hu, Professor, Department of Nursing, National Yang Ming Chiao Tung University, Taiwan, yang membahas terkait Nursing homecare service in Taiwan and United Stated.

Baca juga: Ini Karier Paling Menjanjikan Buat Milenial dan Gen Z Masa Depan

Narasumber lainnya, Ns. Wiwik Wariani, S.Kep., M.Kep. Sp. Kep. MB, CEO Indomedivac dengan tema pembahasan The Development of nursing homecare implementation in Indonesia. Moderatori webinar oleh Ns. Anita Sukarno, S.Kep. Ns., M.Sc, dari Prodi Keperawatan UEU.

Ns. Anita Sukarno, Ketua Panitia acara Webinar ini mengatakan bahwa penerapan pelayanan kesehatan di rumah atau Homecare menjadi tantangan untuk profesi kesehatan, khususnya perawat.

Homecare merupakan pelayanan kesehatan yang memberikan banyak manfaat kepada klien secara fisik, spiritual, sosial, psikologi dan lebih cost effective dalam segi biaya.

Baca juga: Kominfo Resmikan Beasiswa Digital Talent dan Digital Leadership 2022, Buruan Daftar

"Dengan adanya isu homecare atau rumah rawat menjadi peluang terbentuknya usaha mandiri kesehatan yang dapat digalakkan di lingkungan masyarakat terdekat yang harapannya sangat mudah dijangkau oleh masyarakat," terangnya.

Kepala Program Studi Ners dan Keperawatan UEU Dr. Rian Adi Pamungkas mengungkapkan, dalam webinar ini isu-isu yang dibahas adalah bagaimana perspektif negara lain dalam hal ini Taiwan dan Amerika Serikat dalam membangun sistem homecare yang dapat diadaptasi di Indonesia.

"Integrasi antara pemerintah, pelayanan kesehatan multidisiplin dan asuransi kesehatan merupakan sebuah tantangan untuk menciptakan pelayanan Homecare komprehensif yang dibutuhkan oleh Klien. Penelitian multidisiplin pun menjadi gerakan penting untuk menciptakan roda kebaharuan intervensi Homecare," ucapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2193 seconds (11.97#12.26)