Tips Lolos Ujian Mandiri Kampus Negeri Jika Kandas di SBMPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 - 09:04 WIB
loading...
A A A
3. Ketahui daya tampung dari PTN pilihan

Biasanya kuota daya tampung untuk jalur mandiri adalah maksimal 30% dari kuota daya tampung keseluruhan setiap prodi di PTN. Nah, jumlah 30% ini akan berbeda tergantung PTN dan program studinya. Maka dari itu, pastikan kalian sudah mengecek daya tampung program studi melalui website PTN pilihanmu ya.

4. Persiapkan persyaratan yang diperlukan

Karena ketentuan ujian mandiri diatur oleh masing-masing PTN, maka syarat yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Kalian tetap harus update informasi mengenai persyaratan yang diperlukan. Siapkan semua berkas jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian mandiri ya.

Baca juga: Ada Peran Penting Sarapan bagi Peserta UTBK, Optimalkan Fungsi Otak Saat Ujian

5. Pastikan jadwal ujian mandiri yang ingin diikuti

Apabila kamu ingin mengikuti beberapa seleksi mandiri PTN di beberapa kampus, maka kamu harus memastikan jadwalnya tidak bentrok. Jangan sampai kamu sudah mendaftar dan mengeluarkan biaya tambahan, tetapi tidak bisa mengikuti proses seleksi karena jadwal yang tidak sesuai.

6. Perbanyak latihan soal

Agar tidak gagal untuk kedua kalinya, memperbanyak latihan soal akan membantu kamu dalam menguasai materi. Tidak hanya memudahkan saja, tetapi juga bisa memperlancar dalam menjawab soal saat ujian nanti. Sebagai simulasinya, kamu dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian mandiri tahun lalu.

7. Cari tahu materi tes yang diujikan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)