Cerita Peserta Tunanetra Berjuang di UTBK 2022 UNY

Sabtu, 21 Mei 2022 - 14:04 WIB
loading...
Cerita Peserta Tunanetra Berjuang di UTBK 2022 UNY
Suasana UTBK SBMPTN 2022 di UNY. Foto/Tangkap layar laman UNY
A A A
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2022 masih berlangsung di 74 Pusat UTBK. Salah satunya Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) yang memfasilitasi peserta tunanetra mengikuti UTBK 2022.

Di Gedung IDB Fakultas Ekonomi UNY tidak terlihat keramaian seperti biasanya. Hanya terdapat 6 calon mahasiswa tunanetra yang mengikuti tes UTBK-SBMPTN di gedung yang disediakan UNY sebagai lokasi tes siswa berkebutuhan khusus.

Keterbatasan tidak menghalangi niat Kuswantoro untuk menatap masa depan cerah masuk PTN melalui jalur UTBK di UNY. Siswa MAN 2 Sleman tersebut merupakan peserta UTBK hari ketiga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca: Ini Cerita Peserta Difabel yang Ikut UTBK-SBMPTN 2022 di UI

Kuswantoro memilih prodi Pendidikan Luar Biasa FIP UNY sebagai tujuan kuliahnya. Meskipun memiliki keterbatasan penglihatan namun putra pasangan Tamsir dan Warni tersebut tetap tidak patah semangat menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Cita-cita yang ingin diraihnya adalah ingin mendarmabaktikan ilmu yang dimilikinya pada siswa sekolah luar biasa. Warga Pemalang itu juga menempuh berbagai usaha untuk dapat lolos SBMPTN diantaranya mengerjakan soal-soal di Quipper.

Kuswantoro berpesan pada siswa yang akan menempuh studi lanjut agar tidak mudah menyerah, apalagi yang tidak berkebutuhan khusus. “Kami yang punya keterbatasan pun masih terus bersemangat kok,” katanya, dikutip dari laman UNY, Sabtu (21/5/2022).

Penanggungjawab Lokasi (PJL) Ruang Laboratorium IDB FE UNY Satya Perdana mengatakan bahwa komputer yang digunakan mengerjakan soal UTBK calon mahasiswa berkebutuhan khusus ini mempunyai spesifikasi tersendiri termasuk adanya fasilitas voice command, software dan audio yang mendukung.

Baca juga: Tips Lolos Ujian Mandiri Kampus Negeri Jika Kandas di SBMPTN 2022

“Bagi para tunanetra yang melakukan tes UNY kami sediakan pendamping masing-masih satu orang per calon mahasiswa yang diambil dari prodi Pendidikan Luar Biasa FIP,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)