Sejarah Perubahan Nama Tes Masuk PTN Mulai SKALU hingga SBMPTN

Kamis, 26 Mei 2022 - 13:21 WIB
loading...
Sejarah Perubahan Nama Tes Masuk PTN Mulai SKALU hingga SBMPTN
Sejaran perubahan nama tes masuk PTN. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) adalah beberapa istilah seleksi masuk PTN yang digunakan sekarang. Lalu, istilah apakah yang digunakan untuk menyebut seleksi masuk PTN di masa yang telah lalu?

SNMPTN 2022 sendiri menyaring calon mahasiswa baru melalui siswa yang eligible sesuai dengan ketentuan yakni yang memiliki prestasi akademik dan tercatat di PDSS dan memiliki NISN. Proses SNMPTN 2022 dimulai sejak 28 Desember 2021 dan hasilnya telah diumumkan pada 29 Maret 2022.

Sedangkan SBMPTN memakai UTBK untuk menyaring mahasiswa baru yang ingin masuk di kampus negeri. SBMPTN dimulai dengan proses registrasi akun LTMPT pada Februari 2022 lalu.

Sedangkan UTBK 2022 terbagi dalam dua gelombang yaitu gelombang I pada 17 - 23 Mei 2022. Dan UTBK gelombang II 28 Mei - 03 Juni 2022. Pengumuman hasil SBMPTN 2022 akan dilaksanakan pada 23 Juni 2022.

Selain itu ada Ujian Mandiri yang sebutannya seringkali berbeda-beda di masing-masing universitas. UI menyebut seleksi mandiri mereka dengan istilah SIMAK. UGM menamai ujian mandirinya dengan sebutan UM UGM.

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri telah berganti nama beberapa kali. Dan perubahan SNMPTN yang awalnya adalah ujian tulis menjadi nama untuk jalur undangan bukanlah perubahan yang pertama. Sepanjang sejarahnya, sistem seleksi masuk PTN telah beberapa kali berganti nama.

Dikutip dari laman resmi Zenius berikut ini sejarah seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang perlu kalian ketahui.

Berawal dari SKALU (1976)

SKALU adalah Sekretariat Kerja Sama Antar Lima Universitas. Dalam SKALU inilah untuk pertama kalinya seleksi masuk PTN digelar secara serentak. Sesuai namanya, SKALU beranggotakan lima PTN dan kelima PTN tersebut adalah: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

Baca: 8 Kampus Swasta di Surabaya, Referensi bagi Calon Mahasiswa Baru
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)