Calon Mahasiswa, Ini 5 Tips Masuk PTN Impian setelah Gap Year

Sabtu, 04 Juni 2022 - 15:17 WIB
loading...
A A A
Bila target-target itu sudah kamu miliki, alur belajarmu bisa lebih lancar. Kamu hanya tinggal mencari tahu seberapa besar peluang untuk masuk ke jurusan di PTN yang kamu incar.

Baca juga: Unpad Bersiap Gelar Perkuliahan Hybrid

3. Cari Support System

Apa itu support system? Yang satu ini tak kalah penting dari menyusun target. Support system adalah semacam lingkungan yang sangat mendukung dan memotivasi kamu untuk belajar masuk ke PTN yang kamu inginkan.

Nggak cuma support system, tapi ada juga yang disebut sebagai buddy system. Perbedaannya, buddy system adalah teman yang bisa mendukung kamu dalam proses belajar. Ada baiknya lagi, buddy system adalah seseorang yang juga anak gap year. Dengan begitu, kamu dan teman gap year-mu bisa belajar bersama-sama untuk bisa masuk ke PTN yang kalian mau.

4. Persiapkan Segala Sesuatu dengan Matang

Karena kamu gap year, itu artinya nggak ada lagi kesempatan masuk PTN melalui jalur SNMPTN, melainkan harus melewati SBMPTN terlebih dahulu. Nah, persiapkanlah apapun yang nantinya kamu butuhkan untuk bisa mengikuti SBMPTN itu.

Persiapan tersebut di antara lain adalah mengetahui kapan jadwal SBMPTN, bagaimana persiapan teknis ikut SBMPTN, seberapa besar kuota penerimaan mahasiswa baru dalam PTN yang nantinya kamu pilih dalam SBMPTN, dan tentunya persiapan belajar materi apa saja yang akan keluar di SBMPTN.

5. Belajar

Kalau motivasi sudah didapat kembali, target sudah matang, dan support system sudah tersedia, langkah selanjutnya tentu saja adalah belajar. Tinggalkan rasa kurang percaya dirimu karena baru saja melalui masa-masa gap year, ini saatnya kamu bangkit dan buktikan pada semua orang kalau kamu memang mampu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)