Universitas Gunadarma Menerima Mahasiswa Melalui Online

Selasa, 23 Juni 2020 - 16:15 WIB
loading...
Universitas Gunadarma Menerima Mahasiswa Melalui Online
Dosen Psikologi Universitas Gunadarma Kak Seto Mulyadi saat memberikan keterangan pers di Gunadarma, Depok, Senin (22/06/2020)
A A A
DEPOK - Para orang tua dan calon mahasiswa tidak perlu lagi kawatir atau takut putra-putrinya tidak kuliah di masa pademi covid 19 ini, karena untuk mendaftarkan masuk kuliah tidak perlu lagi tatap muka atau datang ke kampus, cukup melalui internet (Online). Nah, Salah satu kampus yang menerapkan pendaftaran secara daring adalah Universitas Gunadarma, bahkan untuk kuliah sudah menyiapkan melalui online.

Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi Universitas Gunadarma, Budi Hermana mengungkapkan,untuk memasuk ke kampus Gunadarma mudah dan cukup mendaftar melalui online dan semuanya sudah disiapkan secara sistem, bahkan untuk kuliah awal juga sudah disiapkan melalui daring seperti kuliah melalui zoom meeting dan melalui UGTV atau Youtobe.

"Sekarang ini masa pendaftaran mahasiswa baru dan bahkan sebentar lagi sudah mulai masuk, oleh karena itu kami sudah menerapkan full online, hanya dengan mengisi data dan dari nilai rapor akhirnya kita putuskan berdasarkan akademik yang tertuang di dalam rapor," ungkap Budi Hermana dalam keterangan persnya di Kampus Gunadarma, Senin (22/06/2020).

Untuk penerimaan mahasiswa baru, Budi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dengan matang melalui website resmi untuk memudahkan calon mahasiswa mendaftarkan diri. Bahkan, pihak Universitas Gunadarma juga telah menyiapkan layanan serba daring untuk Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi (PPSPPT) di masa pandemi.

"Kami pun harus siap bagaimanapun dimana mereka (mahasiswa baru) harus mulai September itu semester baru, tapi udah langsung online. Nah, gimana bingungnya orang tua dan calon mahasiswa yang baru lulus SMA tiba-tiba langsung daring. Ini kan perlu ada edukasi, perlu ada masa transisi. Akhirnya dengan segala cara Gunadarma hadirkan video conference, UGTV, dan dengan virtual classnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan, nantinya sistem perkuliahan akan dilakukan berselingan dengan metode yang berbeda. Dalam masa transisi, Universitas Gunadarma menghadirkan bermacam metode seperti UGTV, zoom meeting, virtual class, dan penugasan mandiri.

Sementara itu, Kak Seto Mulyadi yang juga Dosen Psikologi Universitas Gunadarma mengungkapkan sekarang ini semua institusi pendidikan harus bisa mengambil hikmahnya dalam masa pademi covid 19, kampus juga pasti telah menyiapkan jauh-jauh hari, sehingga jangan sampai siswa maupun mahasiswa baru ini dituntut untu mengejar target kurikulum seperti biasanya.

“Kurikulum sekarang ini kan kurikulum darurat karena keadaannya darurat. Jadi, jangan sampai siswa juga dituntut untuk mengejar target kurikulum yang normal, karena apa yang disampaikan ke siswa akan terasa sulit karena tidak bertemu dengan dosennya atau gurunya,” ungkap Kak Seto.

Menurutnya, masa transisi di era new normal menjadi cukup sulit karena mahasiswa dan dosen tidak bisa saling bertatap muka. Sehingga, pihak kampus pun harus menghadirkan bermacam fasilitas guna memudahkan dosen dan mahasiswa berkomunikasi.

"Kita punya beberapa channel yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran, ada UGTV virtual class, kemudian setiap dosen dan mahasiswa juga punya digital locker untuk bisa saling berkomunikasi dengan mahasiswa," pungkasnya. (syarif wibowo)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)