UNJ Luncurkan Mobil Listrik Elcara-0108, Transportasi Kampus Ramah Lingkungan

Sabtu, 11 Juni 2022 - 08:44 WIB
loading...
UNJ Luncurkan Mobil Listrik Elcara-0108, Transportasi Kampus  Ramah Lingkungan
UNJ meluncurkan mobil listrik Elcara-0108. Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) meluncurkan Mobil Listrik (Shuttle Bus Campus) dan Sepeda Listrik. Tersemat sejumlah fitur unggulan di kendaraan listrik yang ramah lingkungan tersebut.

Peluncuran kendaraan listrik ini dilakukan pada acara Karya Inovatif dan Rekayasa Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik UNJ, Jakarta, Jumat, (10/6/2022).

Dekan FT UNJ Dr. Uswatun Hasanah mengatakan, hasil karya dosen dan mahasiswa ini awalnya merupakan gagasan dan ide dari rektor untuk menghasilkan alat transportasi internal kampus yang ramah lingkungan dan berteknologi masa depan.

Baca: UGM Tembus Peringkat 231 Dunia di QS World University Ranking 2023

"Hasil ini masih perlu pengembangan dan belum masuk skala industri, ke depannya kami harap bisa membuat beberapa mobil lagi dan menambahkan fitur-fitur unggulan lainnya,” kata Dr. Uswatun Hasanah dalam keterangan resminya, Jumat, (10/6/2022).

Sementara itu, Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin menyampaikan Mobil listrik UNJ dinamakan Elcara-0108 yang berarti Electric Car of Rawamangun. 01. Penamaan tersebut menunjukkan generasi pertama dan 08 adalah kapasitas penumpangnya.

Menurutnya, pembuatan mobil listrik ini akan menjadikan Universitas Negeri Jakarta sebagai urban kampus yang bercirikan smart dan green kampus.

"Kita ingin di dalam lingkungan kampus bersih dari mobil parkir di jalan, maka ke depannya ada alat transportasi di dalam kampus seperti shuttle. Harapannya ke depan ini menjadi program khusus, agar bisa terus dilakukan pengembangannya,"tutur dia.

Sebagai informasi, Mobil listrik UNJ dikembangkan oleh tim dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika, dan Teknik Mesin. Tahapannya dimulai dari membuat konsep, desain konsep, desain detail, riset fitur, pengembangan komponen, perakitan body, pemasangan dan uji coba fitur, finishing, dan terakhir uji coba.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi untuk Wanita, Girls Yuk Simak!

Adapun fitur-fitur unggulan yang ada di mobil listrik UNJ, diantaranya Smart Key for Multi User and Geofancing System, Smart Parking System for Anti Theft and Tracking System, Grid Panel Surya, Public Plug-In, Genset System for Emerging, dan Fast Charging System 1.0 Hours.

Mobil Listrik UNJ berkapasitas delapan orang penumpang dapat digunakan untuk menjadi kendaraan shuttle bus, jarak yang dapat ditempuh mencapai 100 Km, kapasitas baterai hingga 300 Km. Di bagian belakang mobil juga terdapat videotron yang dapat menampilkan video.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)