Lulus SMP Mau Daftar ke Mana? Ini Keunggulan SMK sebagai Rekomendasi Lanjut Studi

Sabtu, 11 Juni 2022 - 15:39 WIB
loading...
A A A
3. Lulus SMK bisa langsung bekerja

Keselarasan pendidikan SMK dengan dunia kerja sudah dirancang sejak awal, salah satunya melalui program “link and match 8+i” sehingga kurikulum antara SMK dengan dunia industri sudah klop. Oleh karena itulah, lulusan SMK diharapkan bisa langsung terserap di dunia kerja.

Selain itu, saat lulus, anak-anak SMK juga dibekali dengan sertifikasi kompetensi sebagai bukti bahwa mereka memiliki kompetensi di bidang tersebut. Dengan demikian, lulusan SMK ini memiliki peluang lebih besar untuk diterima di industri dibanding dengan lulusan sekolah umum.

4. Melanjutkan Studi

Siapa bilang lulusan SMK tidak bisa melanjutkan studi? Justru, lulusan SMK juga memiliki peluang yang sama untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi lho.

Lewat bekal kompetensi yang dikantonginya semasa SMK justru akan lebih memudahkan ia mengikuti pembelajaran apabila melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Terlebih, banyak politeknik dan perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV) yang menyediakan jurusan-jurusan baru atau linier dengan kompetensi yang ada di SMK.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3047 seconds (0.1#10.140)