Pendidikan Jarak Jauh, Kemendikbud Siap Latih 100 Ribu Dosen

Rabu, 24 Juni 2020 - 17:44 WIB
loading...
Pendidikan Jarak Jauh, Kemendikbud Siap Latih 100 Ribu Dosen
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan pelatihan pembelajaran daring kepada 100 ribu dosen. Foto/pintaria.com
A A A
JAKARTA - Pembelajaran dengan sistem daring atan online di perguruan tinggi diprediksi akan berlangsung hingga akhir tahun. Untuk mengatasi persoalan dalam pemeblajaran sistem tersebut , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan pelatihan pembelajaran daring kepada 100.000 dosen.

Agar pembelajaran semester depan dapat berjalan lebih baik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah menyiapkan pelatihan pembelajaran daring bagi 100 ribu dosen. Pelatihan akan dilakukan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa).

Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Paristiyanti Nurwardani juga mengatakan pembelajaran daring akan berlaku hingga akhir tahun 2020. “Kami telah menyusun program dan kebijakan untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran daring di perguruan tinggi agar berjalan dengan baik dengan tetap memperhatikan kualitas pembelajaran. Ditjen Dikti juga sudah melakukan kerja sama dengan beberapa penyedia layanan untuk mendukung dan mempermudah pelaksanaan pembelajaran daring,” kata Paris saat jumpa pers virtual bersama para jurnalis.

Paris menjelaskan, implementasi pembelajaran daring akan selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Contohnya, kata dia, mahasiswa akan diberikan kebebasan belajar di luar program studi dengan mempelajari materi lain melalui pendidikan jarak jauh (PJJ).

Kebijakan ini akan semakin mempermudah mahasiswa dalam memperkaya wawasan dalam memenuhi kebutuhannya sebagai pembelajar yang merdeka.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Aris Junaidi mengatakan bahwa dosen antarperguruan tinggi di Indonesia memiliki kompetensi yang berbeda dalam pembelajaran daring.

Oleh karena itu, kata dia, Direktorat Belmawa saat ini menyelenggarakan rangkaian pelatihan pembelajaran daring bagi dosen di seluruh Indonesia agar memiliki standar dan kompetensi yang baik dalam pembelajaran baik sehingga mutu pembelajaran tetap terjaga.

Pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya penyegaran dan peningkatan keterampilan para dosen dalam menyampaikan materi melalui pemanfaatan berbagai platform dan teknologi pendukung pembelajaran daring yang kaya dengan makna dan materi, serta memperhatikan ketersediaan akses internet.

Pembelajaran daring juga membuka kesempatan kolaborasi sehingga mahasiswa juga dapat mengambil kuliah lintas program studi (prodi) bahkan lintas kampus dan dosen dapat berkolaborasi dengan rekan dosen lainnya dalam menyusun ataupun memberikan materi kuliah.

“Pelatihan berseri untuk dosen dilaksanakan setiap pagi dan sore hari agar PJJ berjalan dengan efektif meski pembelajaran dilakukan secara daring tetapi tujuannya bisa tercapai,” ujar Aris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)