4 Robot Buatan Mahasiswa Indonesia yang Pernah Menang di Kompetisi Internasional, Nomor Terakhir Kalahkan Amerika

Selasa, 21 Juni 2022 - 21:54 WIB
loading...
A A A
3. Robot Ichiro buatan Mahasiswa ITS

Robot sepakbola karya mahasiswa ITS ini dinamai Ichiro (ITS Championship in Robocup). Ichiro dibuat pada tahun 2012 dan telah turun-temurun dikembangkan oleh setiap angkatan tim.

Ichiro berkesempatan mengikuti kontes robot bergengsi tingkat internasional. Yaitu Federation of International Robot-Soccer Association (FIRA) Hurocup (Humanoid Robot Cup) 2016, yang akan digelar di Beijing, China pada 14-18 Desember 2016.

Di ajang ini Ichiro mengikuti 6 cabang olahraga,yakni long jump, obstacle run, marathon, sprint, soccer, dan weightlifting dan dari semua itu mereka berhasil sapu bersih 10 medali, mengalahkan dua rival paling alot, yakni Malaysia dan Taiwan.

Baca juga : Tim Pelajar Indonesia Raih Emas di Kompetisi Robot Dunia

4. Robot Pemadam Api buatan Mahasiswa PENS

Tim Robotik Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mengikuti lomba trinity college fire fighting home robot contest 2014. Mereka sukses merebut juara dari kategori yang dipertandingkan. Pada pertandingan ini Indonesia berhasil mengalahkan Israel dan Amerika Serikat.

Tim Robotik PENS ini sukses juara dunia dalam dua kategori sekaligus. Berkat usahanya mahasiswa yang ikut serta memenangkan kejuaraan ini berhak atas beasiswa selama kuliah di PENS. Bagi yang akan lulus, beasiswa ini bisa dipergunakan untuk mendaftar S2.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)