Ciptakan SDM Unggul, UT Jalin Kerja Sama dengan Kemenaker

Selasa, 28 Juni 2022 - 19:03 WIB
loading...
Ciptakan SDM Unggul, UT Jalin Kerja Sama dengan Kemenaker
Universitas Terbuka dan Kemenaker menjalin kerja sama untuk mencetak SDM unggul. Foto/Tangkap layar YouTube UT.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka ( UT ) bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemenaker ) terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tidak hanya mendukung Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk kuliah namun juga kontribusi UT di Balai Latihan Kerja (BLK).

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, kerja sama yang telah digagas sejak lama ini merupakan program penting karena terkait aspek atau isu strategis yakni bidang ketenagakerjaan di Indonesia.

"Kerja sama ini terkait dengan penyiapan tenaga kerja Indonesia baik di dalam negeri maupun luar negeri," katanya di sela Wisuda UT yang digelar daring dan luring, Selasa (28/6/2022).

Baca: Mahasiswi UNS Ini Tekuni Dunia Balap Rally, Beragam Prestasi Berhasil Diraih

Ojat menjelaskan, UT selama ini dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) telah mendukung peningkatan kompetensi akademik PMI. Para PMI, katanya, meski bekerja di luar negeri namun berjuang membagi waktunya untuk meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti perkuliahan online di UT.

Kerja sama dengan Kemenaker tidak hanya dukungan kuliah kepada PMI. Namun juga dalam peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui BLK. "Membantu kegiatan pendidikan dan pelatihan di BLK dapat dilakukan secara hybrid dengan mengikuti kaidah mutu pendidikan secara online," ujarnya.

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, dunia pendidikan saat ini dipaksa untuk memgubah sistem pembelajaran konvensional ke arah lebih modern, dinamis, dan inklusif tanpa menurunkan standar kualitas output yang ditetapkan.

UT sebagai kampus pionir yang memelopori sistem pembelajaran jarak jauh memiliki sejarah panjang lebih dari tiga dekade dalam mencetak SDM yang berkualitas dan berdaya saing di dunia kerja yang mencakup berbagai bidang.

Anwar menjelaskan, tujuan dari MoU ini adalah bagaimana dapat berkontribusi untuk meningkatkan SDM Indonesia yang unggul dan memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

Baca juga: Cerita Hesti, Putri Buruh Jahit yang Lulus Cum Laude dari UNY

"Jika berbicara tentang ketenagakerjaan adalah bagaimana menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi pada bidangnya serta sesuai dengan kebutuhan dunia kerja," katanya melalui siaran pers.

Anwar mengemukakan, Indonesia sebagai negara dengan jumlah PMI yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia ingin agar para PMI ini ketika berangkat ke negara penempatan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.

"Tentunya negara harus dapat memberikan alternatif pendidikan, agar para PMI tersebut bisa merasakan bagaimana pendidikan yang tinggi itu," ujarnya.

Ia menyebut, Kemenaker sudah menyampaikan kepada negara penempatan agar para PMI bisa diberikan kesempatan untuk bisa belajar, dan model yang dikembangkan oleh Universitas Terbuka ini adalah model yang bisa belajar kapan saja.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan di sela wisuda UT Periode I Tahun Akademik 2021/2022 yang kali ini mengambil tema Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatan Baru PTN-BH.

Sebanyak 450 wisudawan mengikuti prosesi wisuda yang berasal dari 39 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) se-Indonesia. Mereka adalah lulusan Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Politik (FKIP) dan Pascasarjana.

Dua mahasiswa dinobatkan menjadi wisudawan terbaik yakni Misra Mahmud dari Program Magister Manajemen bidang SDM dari UPBJJ-UT Mahene dengan IPK 4.00 dan I Ketut De Oko Rianto dari prodi Manajemen UPBJJ-UT Denpasar juga dengan IPK 4.00.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)