Ini Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol dari Pakar Ilmu Kesehatan

Selasa, 05 Juli 2022 - 07:23 WIB
loading...
Ini Makanan Pantangan Asam Urat dan Kolesterol dari Pakar Ilmu Kesehatan
Penyakit Asam Urat kambuh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Masayarakat perlu tahu, saat ini ada banyak jenis makanan yang dijual di pasaran. Karena itu, masyarakat harus bisa memilih makanan apa saja yang harus dikonsumsi.

Jika makan sembarangan, maka dapat mengakibatkan tubuh terkena penyakit. Salah satunya gout atau sering disebut penyakit asam urat .



Melansir dari laman resmi Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Senin (4/7/2022), asam urat merupakan penyakit metabolik yang disebabkan oleh kelebihan kadar asam urat di dalam tubuh.

Baik karena produksi berlebih, eliminasi atau pembuangan yang kurang, atau peningkatan asupan purin.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya Ira Purnamasari, gout atau asam urat ditandai dengan inflamasi atau peradangan pada sendi yang menimbulkan rasa sangat nyeri.



Seperti rasa tertusuk di daerah lutut dan pergelangan kaki serta munculnya pembengkakan pada persendian, disertai dengan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah.

"Senyawa urat bisa berasal dari purin yang terkandung dalam makanan. Banyaknya purin yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah," ujar Ira.

Makanan pantangan asam urat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1092 seconds (0.1#10.140)