Tips Jitu Menulis Esai Menarik untuk Tembus Beasiswa LPDP

Sabtu, 09 Juli 2022 - 13:47 WIB
loading...
A A A
Pada beasiswa-beasiswa lain, terkadang pemberi beasiswa tidak selalu meminta mengangkat suatu permasalahan dan penyelesaiannya. Pemberi beasiswa bisa saja meminta kamu menulis hal lain. Intinya adalah di bagian isi ini harus membahas topik sesuai dengan ketentuan dari pemberi beasiswa. Jika menulis isi yang tidak berkaitan dengan ketentuan pemberi beasiswa, maka besar kemungkinan kamu tidak akan lolos tahap seleksi.

Baca juga: Ini Tiga Kelompok Beasiswa LPDP yang Dibuka di Tahap 2

3. Penutup atau Kesimpulan

Bagian terakhir adalah penutup. Pada bagian ini kamu perlu menyimpulkan poin utama yang kamu bahas di esai dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jangan sampai kesimpulan yang kamu tulis justru membahas hal lain yang tidak berkaitan dengan bagian-bagian sebelumnya.

Tips Menulis Esai untuk LPDP

Setelah mengulik bagian-bagian esai, selanjutnya kamu harus tahu tips menulis esai. Pada artikel ini tips yang kita bahas berfokus pada esai LPDP. Supaya esai kamu menarik, hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pahami ketentuan esai LPDP

Sekarang mudah sekali mengetahui ketentuan esai beasiswa. Informasi ketentuan esai LPDP bisa dengan mudah kamu baca di website resmi penyelenggara LPDP.

2. Be yourself!

Tulislah esai LPDP dengan jujur. Jangan menuliskan hal yang tidak benar tentang kamu atau bahkan memanipulasi topik atau permasalahan yang kamu angkat dalam esai. Saat menuliskan kontribusi yang ingin kamu berikan setelah menerima beasiswa, jangan menulis hal yang kamu sendiri merasa tidak mampu melakukannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)