Dear Mahasiswa Baru, Catat 10 Tips Penting untuk Tahun Pertama Kuliah

Sabtu, 16 Juli 2022 - 13:31 WIB
loading...
A A A
Di tahun pertama kuliah, pasti akan ada banyak banget hal yang membuat kamu bingung. Mulai dari materi kuliah, format tugas, tipe-tipe ujian, hingga letak ruangan yang ada di kampus. Berada di lingkungan baru dengan dikelilingi orang-orang baru, sedikit banyak pasti akan berpengaruh dan membuatmu overwhelmed.

Salah satu tips menghadapi ini adalah jangan pernah malu untuk bertanya. Apapun yang membuatmu bingung, tanyakan saja! Bingung ruang kelasnya ada di mana? Tanyakan pada satpam atau kakak tingkat.

Bingung tentang materi kuliah? Tanyakan pada dosen atau pada asdos alias asisten dosen yang bersangkutan. Banyak bertanya nggak akan membuat kamu terlihat bodoh, justru malah membuat kamu terlihat aktif dan antusias.

8. Belajar bersama teman

Untuk memperluas wawasan sekaligus menambah teman, kamu bisa mengajak teman-temanmu di kampus untuk belajar bersama. Misalnya, ada materi sulit yang kamu pelajari di minggu ini, coba saja ajak teman-teman sekelasmu untuk belajar bersama sambil berdiskusi.

Kamu bisa mengajak mereka belajar bersama di perpustakaan, atau mungkin di café sambil nongkrong. Kamu bisa juga mengajak teman-temanmu membuat janji dengan asdos untuk meminta bimbingan terkait materi yang ingin dipelajari.

Biasanya, asdos lebih senang membimbing mahasiswa dengan jumlah banyak sekaligus daripada harus membimbing satu per satu. Tapi, hal ini juga tergantung dari masing-masing asdos, ya. Coba saja tanyakan kembali kepada asdos yang ada di kampusmu.

9. Perluas wawasan terkait jurusan yang kamu ambil

Di tahun pertama kuliah, biasanya materi yang akan kamu pelajari tidak akan sekompleks materi di tahun-tahun berikutnya. Tapi, meskipun begitu, nggak ada salahnya lho, kalau kamu mau memulai belajar dan memperluas wawasanmu tentang materi pada jurusan kuliah yang kamu ambil sejak tahun pertama.

Kamu bisa memperluas wawasanmu dengan membaca buku atau menonton video-video belajar yang ada di internet. Dengan belajar, tentunya akan mempermudah kamu memahami materi kuliah terlebih dahulu sebelum kamu mempelajarinya di kelas. Kalau kamu rajin belajar sejak sekarang, nanti di tahun-tahun berikutnya, kamu akan lebih mudah dalam memahami materi-materi selanjutnya yang lebih rumit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)