Dear Mahasiswa Baru, Catat 10 Tips Penting untuk Tahun Pertama Kuliah

Sabtu, 16 Juli 2022 - 13:31 WIB
loading...
A A A
3. Cari tahu cara belajar yang paling sesuai untukmu

Tiap semesternya kamu harus mengambil beberapa mata kuliah. Nah, untuk setiap mata kuliah biasanya selalu akan ada tugas, kuis, dan ujian yang harus kamu kerjakan. Jika kamu nggak tau metode belajar yang paling membuatmu nyaman, kamu bisa kesulitan dalam menyelesaikannya. Apakah itu belajar di tempat sepi sambil mendengarkan musik, di kamar, atau juga bisa di café. Cari cara belajar yang bisa membuat kamu nyaman dan akhirnya membuat kamu rajin belajar.

4. Bergabung pada organisasi atau komunitas

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung di organisasi atau komunitas, di antaranya memperluas pergaulan, mendapatkan pengalaman baru, hingga mendapatkan hardskill atau softskill yang nggak kamu dapat di dalam kelas. Kamu juga bisa mendapatkan rasa sense of belonging, karena bergabung di suatu kelompok dengan minat yang sama.

5. Kenalan dengan senior

Dekat dengan senior bisa memberikan kamu ilmu yang berharga. Misalnya, bagaimana cara menguasai mata kuliah tertentu, bagaimana cara menghadapi dosen galak, info kos-kosan, dan berbagai hal tentang kehidupan kampus yang belum kamu ketahui. Kamu juga bisa meminjam buku atau catatan punya senior. Nah, biasanya, kedekatan dengan senior ini bisa terjalin melalui kegiatan ospek.

6. Perhatikan silabus

Biasanya, di awal semester dosen akan membagikan silabus atau rancangan pembelajaran. Biasanya, banyak mahasiswa yang tidak memperhatikan silabus dengan baik, atau bahkan langsung lupa di mana meletakkan silabus yang diberikan oleh dosen.

Padahal, silabus memuat informasi lengkap mengenai mata kuliah, seperti misalnya persentase pembagian nilai, materi apa saja yang akan dibahas pada setiap kelas, hingga kisi-kisi untuk ujian. Oleh karena itu, simpan dan perhatikan silabus dengan baik ya. Dari silabus, kamu bisa mengetahui skema belajar atau helicopter view untuk mata kuliah tersebut selama satu semester akan seperti apa.

7. Jangan malu bertanya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)