Keren! Dosen UPER Ini Raih Gelar S3 Jurnalistik dari Amerika dengan IPK Sempurna

Rabu, 20 Juli 2022 - 00:42 WIB
loading...
A A A
Dia lalu menerapkan ilmu yang diperolehnya dengan menjadi jurnalis di sejumlah media terkenal di Indonesia. Sebagai jurnalis, Fitria mendapatkan kesempatan meliput berbagai jenis berita. Namun karya jurnalistiknya paling banyak bersinggungan dengan isu-isu bisnis dan ekonomi yang sukses mendapatkan sejumlah penghargaan.

“Menjadi seorang jurnalis adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya buat dalam hidup saya. Kalau saya bisa kembali ke umur 23 tahun pada 2009 saat baru lulus kuliah dan harus menentukan pilihan karier, saya akan tetap memilih menjadi jurnalis. Profesi ini memberi saya kesempatan untuk pergi ke berbagai tempat dan bertemu dengan banyak orang dengan kisah hidup unik yang menginspirasi. Saya belajar banyak tentang hidup dari pekerjaan ini,” ungkapnya.

Tak sampai di situ, demi mendalami ilmunya di bidang jurnalistik, pada 2014, Fitria melanjutkan pendidikan dan memperoleh gelar S2 pada 2015 dari program master media dan jurnalistik terkemuka di Inggris yang diselenggarakan oleh Newcastle University.

Pendidikan S2-nya pun didanai beasiswa bergengsi dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Pengalamannya sebagai wartawan dan redaktur ekonomi selama lima tahun menginspirasi Fitria menulis tesis tentang perkembangan jurnalisme bisnis dan ekonomi di Indonesia.

Meskipun tak lagi berkarier sebagai jurnalis, Fitria tetap memiliki minat yang tinggi dalam memajukan dunia jurnalisme khususnya di Indonesia. Selama menempuh pendidikan di Missouri School of Journalism, Fitria menelurkan sejumlah penelitian terkait manajemen media, sosiologi media, jurnalisme kewirausahaan, kajian media, dan kajian jurnalistik.

Disertasinya berkisah tentang keberagaman di ruang redaksi (newsroom diversity) yang fokus menginvestigasi peran perempuan pemimpin dalam mendorong perubahan di ruang redaksi dan inovasi bisnis media.

“Saya ingin berkontribusi mencarikan jalan keluar dari stagnasi bisnis media saat ini. Di mana iklan sebagai model bisnis utama media tak lagi mampu mendukung keberlangsungan keuangan perusahaan berita akibat semakin tingginya persaingan perebutan kue iklan. Terutama akibat merajalelanya digital native media, pesatnya pertumbuhan mesin pencari online, serta berkembangnya media sosial. Karenanya banyak organisasi berita yang bangkrut dan jurnalis yang kehilangan pekerjaannya,” jelasnya.

Kini Fitria aktif berbagi ilmu dan pengalamannya di bidang media dan jurnalistik di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dan Amerika. Pengalamannya menimba ilmu di Indonesia, Inggris, dan Amerika menjadikannya peneliti, pengajar, dan penulis yang memiliki pendekatan unik, menarik, dan progresif dalam melihat berbagai fenomena terkait media dan jurnalistik.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)