Webinar Unair Bahas 7 Hal Penting yang Pengaruhi Kinerja Otak

Rabu, 20 Juli 2022 - 16:50 WIB
loading...
Webinar Unair Bahas 7 Hal Penting yang Pengaruhi Kinerja Otak
Ada tujuh hal penting yang mempengaruhi kinerja otak. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Fungsi otak sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ( FK Unair ) pun menggelar webinar dengan mengangkat tema Brain Friendly Learning bersama Dr Hermanto Tri Joewono.

Kegiatan diawali dengan pengenalan tentang Brain Friendly Learning, yang dapat dapat dipahami sebagai kerja otak dalam hal pembelajaran dan pendidikan. Kemudian, dilanjutkan dengan tujuh hal yang menjadikan tema ini penting untuk digali lebih dalam.

Pertama, kapasitas otak manusia tidak terbatas. Menurut Hermanto, otak manusia memiliki kapasitas memori yang tidak terbatas selama individu dapat memanfaatkannya dengan baik. Kedua, setiap otak adalah unik. Hal ini lantaran setiap individu memiliki genetik dan pengalaman yang variatif sehingga setiap otak memiliki karakteristik yang tidak sama.

Baca: Mahasiswa, Pastikan Punya 3 Hal Ini Sebelum Lulus untuk Punya Karier Bagus

Menurut Hermanto, kerja otak ini sama halnya dengan cara belajar dan menyerap ilmu tiap orang yang berbeda. “Mestinya metode pengajaran pada setiap orang itu berbeda-beda. Saya mengusulkan adanya adaptif personalized curriculum. Jadi kurikulum itu tidak hanya satu metode untuk semua jenis mahasiswa,” ujarnya, dikutip dari laman Unair, Rabu (20/7/2022).

Ketiga, visualisasi. Hermanto menuturkan bahwa ada korelasi antara sensori dan motorik dalam tubuh yang saling berkaitan. Keempat, burnout atau kondisi stres dan kelelahan, baik secara fisik maupun mental, salah satunya dalam hal pekerjaan.

Menurut Hermanto, burnout turut mempengaruhi kinerja dalam bekerja yang menjadi tidak maksimal. “Kalau terlalu lama bekerja akan menimbulkan dampak kurang baik. Termasuk dalam hal ketika mengambil keputusan, dan apabila keputusan tersebut dijalankan akan turut membahayakan pasien,” katanya.

Baca juga: Nadiem Lepas 1.565 Awardee IISMA, Simak Pesannya untuk Mahasiswa

Kelima, menjadi momok. Hermanto mengatakan, otak juga dapat mereproduksi emosi yang penting dalam hal pembelajaran. Adanya bagian otak yang disebut amigdala akan bekerja atau bertindak reflek ketika diri dalam keadaan terancam. Keenam, pengaruh negatif feedback. Menurutnya, feedback tidak selalu positif namun setiap dari feedback negatif akan dirupakan positif.

Ketujuh, active participation, yakni digambarkan dalam hal belajar mengajar di kelas yang mana peserta harus lebih aktif daripada dosen. Peserta yang harus lebih aktif menggali materi dan menginstruksikannya sendiri agar semakin paham. “Peran dosen hanya membantu saja. Bukan yang mengisi gelas kosong atau memindahkan isi dari buku ke otak peserta atau mahasiswa,” ucap Hermanto.

Terakhir, ia menyelipkan pesan agar peserta mengurangi kegiatan yang bertentangan dengan cara otak bekerja. Seperti satu metode belajar untuk semua mahasiswa, passive participatory, bullying, burnout, dan negative feedback.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)