UI GreenCityMetric Umumkan Daftar Kota Berkelanjutan di Indonesia, Semarang Terbaik Pertama

Jum'at, 22 Juli 2022 - 17:12 WIB
loading...
A A A
Dalam pidato sambutan sekaligus membuka acara, Sekretaris Universitas UI yang mewakili Rektor UI, dr. Agustin Kusumayati memberi apresiasi kepada kabupaten/kota di Indonesia yang telah berperan secara aktif dalam mewujudkan kabupaten/kota masing-masing sebagai Kota lestari dan berkelanjutan sesuai kriteria dan indikator UI GreenMetric.

“Pada tahun pertama pelaksanaannya, UI GreenCityMetric telah diikuti oleh 34 kabupaten/kota dari 16 provinsi di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, mengingat kabupaten/kota tersebut turut berpartisipasi dalam mewujudkan Kabupaten/Kota di Indonesia yang semakin berkelanjutan,” ujar dr. Agustin Kusumayati.

“Kami tentu berharap agar semakin banyak kota/kabupaten di Indonesia yang akan bergabung dalam pemeringkatan UI GreenCityMetric untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia hingga tahun 2030,” lanjutnya.

Sebagai pemenang Kota Berkelanjutan Terbaik, salah satu ciri khas dari Kota Semarang adalah adanya proses pengolahan air limbah dengan IPAL MBBR (Moving Bed Biofilm Reactor) yang serupa dengan proses Activated Sludge namun dengan campuran media tersuspensi. Selain itu, pengolahan limbah organik di Kota Semarang telah diolah menjadi pupuk kompos menggunakan tong, bak, Takakura, biopori, serta ecoenzyme.

Sementara itu, kota Kediri terbaik dalam hal akses dan mobilitas dengan menyediakan transportasi umum yang dikhususkan bagi lansia serta difabel serta tersedianya jalur sepeda di badan jalan. Selanjutnya, sebagai Kota Berkelanjutan Terbaik ketiga, kota Padang merupakan salah satu kota yang unggul dalam bidang tata kelola air, berbagai program untuk konservasi air, dan pemanfaatan air daur ulang.

UI GreenCityMetric merupakan inisiatif dari UI GreenMetric, yang akan melakukan pemeringkatan kabupaten/kota di Indonesia berdasarkan komitmen serta aksi atau tindakan yang dilakukan Kabupaten/Kota terhadap keberlanjutan.

UI GreenCityMetric tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kabupaten/kota terhadap keberlanjutan, namun mendorong seluruh masyarakat Kabupaten/Kota di Indonesia agar turut mendukung segala bentuk upaya peningkatan kabupaten/kota yang hijau dan berkelanjutan dengan endorsment dari pihak Kementerian.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8936 seconds (0.1#10.140)