Kejar Ketertinggalan Belajar Siswa, Quipper Siapkan Materi dan Fitur Baru

Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Dilihat dari aspek psikologi, salah satu faktor penyebab learning loss merupakan kesehatan mental siswa. Psikolog Aji Cokro Dewanto, S.Psi., M.Psi mengatakan banyak siswa yang harus PJJ di tengah suasana rumah yang tidak kondusif karena orang tuanya kehilangan pekerjaan, anggota keluarga terpapar Covid-19, atau bahkan harus menyaksikan kematian orang-orang kesayangannya karena Covid-19.

Kondisi ini tentunya menimbulkan kecemasan pada anak yang pada akhirnya menurunkan fokus belajar. Aji mengingatkan perlunya peranan berbagai pihak dalam memulihkan kondisi mental siswa.

“Kunci utamanya adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman bagi siswa untuk belajar di segala kondisi dan tempat. Tidak hanya oleh guru di sekolah, tetapi juga di rumah oleh orang tua dan lingkungan sekitar yang dibentuk oleh masyarakat, pemerintah, dan swasta,” jelas Aji.

Quipper sebagai bagian dari ekosistem pendidikan di Indonesia memiliki tujuan yang selaras dengan pemerintah untuk memprioritaskan pemulihan sektor edukasi dengan menciptakan pembelajaran di mana setiap siswa merasa nyaman dan jadi lebih siap belajar. Hal tersebut diwujudkan Quipper dengan meluncurkan fitur baru, materi baru, serta memperkenalkan teman belajar baru yang menjadi fokus utama di tahun ajaran baru ini.

Head of Marketing Quipper Indonesia, Dedy Purwanto menyampaikan di awal tahun ajaran baru ini Quipper mengusung campaign #JadiLebihSiap untuk menambah semarak momen kembali ke sekolah.

“Quipper ingin hadir di setiap momen belajar siswa, baik yang sedang beradaptasi dengan pembelajaran tatap muka, mempertahankan prestasi belajar, hingga mengantarkan mereka meraih sekolah maupun kampus impian lewat teman belajar figur inspiratif serta penambahan sejumlah fitur dan materi baru,” jelas Dedy.

Untuk tambahan materi baru, Quipper mengumumkan Paket Intensif SIMAK UI, Quipper Video After School, Quipper Video English, serta dilengkapi fitur baru seperti Tes Kesiapan Belajar, Tes Uji Potensi, Profil Belajar, Prestasi Belajar, Forum Diskusi, Koin & XP, Live Class, dan Virtual Coaching. Saat ini, Quipper juga telah tersedia untuk pengguna iOS dan dapat diakses melalui perangkat smartphone atau desktop.

Hanani Faiza, Quipper Video Masterclass Manager mengatakan kenyamanan dan kebutuhan belajar siswa selalu menjadi prioritas Quipper untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas. Sebagai bentuk konsistensi Quipper dalam meningkatkan kenyamanan penggunanya, Quipper menambah fitur dan materi baru secara berkala yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

“Masing-masing materi dan fitur memiliki tujuannya tersendiri, seperti materi Kurikulum Merdeka untuk menunjang siswa yang telah mengikuti implementasi kurikulum tersebut di sekolah, lalu Quipper Video English yang fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris di luar kurikulum sekolah.

Adanya fitur Profil Belajar dan Tes Kesiapan Belajar untuk membantu siswa mencapai tujuan belajarnya, Forum Diskusi, Live Class, dan Virtual Coaching untuk menciptakan lingkungan belajar online yang interaktif, serta fitur Prestasi Belajar dan Koin & XP untuk meningkatkan motivasi belajar,” jelas Hanani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3175 seconds (0.1#10.140)