Fakultas Bisnis LSPR Dukung Akselerasi Transformasi Digital UMKM

Selasa, 16 Agustus 2022 - 17:55 WIB
loading...
Fakultas Bisnis LSPR Dukung Akselerasi Transformasi Digital UMKM
Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Kota Bekasi yang digelar Fakultas Bisnis LSPR. Foto/LSPR.
A A A
JAKARTA - Fakultas Bisnis LSPR menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dukungan ini diwujudkan dalam bentuk Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Kota Bekasi guna membangun Keterampilan Riset Perilaku Konsumen dan Pemasaran Digital.

Pelatihan dan Pendampingan ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pertama dilaksanakan pelatihan pada hari Senin, 8 Agustus 2022. Tahap kedua dilaksanakan pendampingan agar peserta mampu memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan.

Melalui siaran pers, Selasa (16/8/2022), pendampingan dilaksanakan pada 9-20 Agustus 2022 dan diharapkan dengan pendampingan UMKM dapat merancang riset perilaku konsumen serta mampu membuat program pemasaran digital. Pelatihan dilaksanakan di Kampus LSPR Transpark pada hari Senin, 8 Agustus 2022 .

Baca juga: 5 Universitas Terbaik Indonesia yang Masuk Top 25 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics

Dosen Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR yang menjadi pembicara adalah Stephanny Lianardo, Kartini Dwi Sartika, Raden Adi Cahyadi. Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR juga dilibatkan sebagai Mentor dalam kegiatan pendampingan.

Para Mentor adalah Joshua Jeremia dan Fatimah Azzahra. Peserta pada pelatihan dan pendampingan ini adalah UMKM Kota Bekasi yang menjadi UMKM Binaan LSPR. UMKM ini berfokus pada sektor kuliner dan fashion.

Yuliana Riana Prasetyawati selaku Dekan Fakultas Bisnis LSPR menyampaikan sejak tanggal 12 Januari 2021, Fakultas Bisnis LSPR telah menjalin kerja sama dengan Bhinneka. com yang merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia untuk membangun campus marketplace.

Pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan kinerja UMKM. Salah satu upaya untuk membantu pemulihan UMKM adalah mendorong UMKM untuk go digital. Pemerintah Kota Bekasi sudah mulai melakukan berbagai upaya untuk mendorong dan memfasilitasi UMKM dalam transfirmasi digital dengan melaksanakan berbagai pelatihan.

Namun mengingat jumlah UMKM Binaan Pemerintah Kota Bekasi cukup banyak, maka perlu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk Institusi Pendidikan untuk memfasilitasi transformasi digital UMKM agar makin banyak jumlah UMKM yang berpindah ke platform online, melakukan on boarding, active selling, scaling up the business dan selanjutnya dapat go international.

Dua hal lain yang dicermati adalah perlunya pelatihan mengenai riset perilaku konsumen agar UMKM mampu merancang strategi pemasaran digital yang tepat. Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR yang juga memiliki kampus di Bekasi serta telah memiliki MOU dengan Pemerintah Kota Bekasi terpanggil untuk berkontribusi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pada UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7010 seconds (0.1#10.140)