Mikrobiologi, Jurusan Langka dengan Prospek Kerja Luas di Masa Depan

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Kalian juga akan belajar tentang mikroba yang bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan, pengendalian hama, dan pengolahan limbah. Bahkan, mahasiswa juga belajar tentang mikroba untuk meningkatkan perolehan minyak bumi.

Saking banyaknya yang harus dipelajari, mahasiswa bisa memilih spesialisasi studi Mikrobilogi pada tingkat akhir kuliah, yaitu:

- Mikrobiologi Kesehatan: Riset penggunaan mikroba untuk meningkatkan kualitas makanan dan penyediaan bahan makanan dari mikroba

- Mikrobiologi Lingkungan: Riset peningkatan penyelesaian permasalahan lingkungan, ekologi mikroba

- Mikrobiologi Industri: Riset produksi metabolit primer dan sekunder, mencakup pemisahan produk dan optimasi produksi

- Mikrobiologi Sains: Riset pengembangan pengetahuan tentang mikrobiologi

Prospek Mikrobiologi ke Depan

Bisa ditebak, alumni Mikrobiologi dapat berkiprah pada berbagai bidang. Lulusannya bisa menjadi seorang spesialis kesehatan dan keselamatan lingkungan, ahli biologi, ahli biologi molekul dan sel, serta ahli biokimia dan fisika.

Selain itu, lulusan Mikrobiologi juga bisa menjadi manager pertanian dan peternakan, peneliti dan ahli teknologi pangan, peneliti tanah dan tumbuhan, ahli teknik biologi, ahli mikrobiologi, bahkan juga bisa menjadi seorang pengajar Biologi. Kamu bisa bekerja:

- Pada instansi pemerintah: Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Departemen Pertambangan dan Perminyakan, Perguruan Tinggi Negeri, Biofarma, BATAN, atau Balitsa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9623 seconds (0.1#10.140)