Perkuat Pendidikan Karakter Bangsa, Jenderal Andika Dukung Kerja Sama UPER dan TNI

Minggu, 28 Agustus 2022 - 06:14 WIB
loading...
Perkuat Pendidikan Karakter Bangsa, Jenderal Andika Dukung Kerja Sama UPER dan TNI
Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Universitas Pertamina (UPER), Selasa (23/8). Foto/Dok/Uper
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, selain penguatan akademik, institusi pendidikan juga diharapkan dapat memberikan bekal pendidikan karakter (character buikding) kepada para peserta didik.

Pernyatan tersebut disampaikan dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Universitas Pertamina (UPER), Selasa (23/8/2022).



Bukan tanpa alasan, pasalnya, berdasarkan survei karakter siswa yang dilaksanakan Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, disebutkan bahwa angka Indeks Karakter Siswa Indonesia menurun.

Pada 2021, angka untuk jenjang pendidikan menengah adalah 69,52. Turun dua poin dari tahun sebelumnya yang sempat mencapai angka 71,41. Adapun, lima dimensi yang menjadi obyek survei adalah: religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.

“Penerapan pendidikan karakter juga merupakan salah satu upaya pencegah perpecahan bangsa. Sehingga, implementasinya perlu dilakukan tidak hanya dari level pendidikan dasar dan menengah, tetapi terus sampai ke level pendidikan tinggi,” kata Andika dalam keterangan pers, Minggu (27/8/2022).



Dengan ditandatanganinya MoU dan PKS sebagai turunan dari MoU tersebut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dalam berbagai program kerja lain selain penyediaan tenaga pengajar atau trainer untuk pembekalan pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan.

“Kami juga mengapresiasi UPER yang telah menyediakan beasiswa bagi Prajurit TNI, PNS TNI, dan Keluarga Besar TNI. Bahkan, UPER memberikan Beasiswa Patriot, kepada para Personel TNI yang cedera dan tidak mampu lagi melaksanakan tugas secara fisik, namun memiliki prestasi dan minat mengembangkan kemampuan diri melalui pendidikan tinggi,” ujarnya.

Dalam hal pemberian akses pendidikan tinggi berkualitas kepada masyarakat, Rektor Universitas Pertamina (UPER), Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D., menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah beasiswa, yang tahun ini nilai totalnya mencapai Rp24 Miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)