Bekerja Sambil Kuliah, 85 PMI di Malaysia Raih Gelar Sarjana UT

Minggu, 28 Agustus 2022 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Buka Rakernas LP Ma'arif, Waketum PBNU Sampaikan 3 Tantangan Pendidikan

"Menyelesaikan studi bukanlah hal yang mudah apalagi para PMI mengikuti kuliah sambil bekerja. Butuh perjuangan luar biasa disertai kedisiplinan dan kemandirian belajar. Dua hal ini mewajibkan saudara harus pandai membagi waktu, fokus, perhatian serta membangun motivasi yang tiada henti," ujarnya.

Selain itu, berbagai inovasi dan terobosan terus dilakukan UT. Dia menjelaskan, salah satu layanan bantuan belajar yang disediakan UT dan diminati mahasiswa saat pandemi adalah Tutorial Webinar (Tuweb). Tuweb ini melengkapi layanan tutorial online secara asynchronous yang sudah lama diikuti mahasiswa UT.

Selain itu, dalam hal pengukuran hasil belajar, UT juga mendesain ujian dengan take home exam (THE), yang dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dan di luar negeri. Terobosan terkini, UT telah mengembangkan Sistem Ujian Online (SUO) yang dilengkapi dengan online proctoring.

Sistem ujian ini semakin mempermudah mahasiswa UT yang berada di berbagai negara dalam mengikuti ujian. “Dulu, mahasiswa UT di luar negeri harus datang ke kantor KBRI, KJRI, dan tempat-tempat yang ditentukan, tetapi saat ini, mahasiswa bisa mengikuti ujian dari rumah atau tempat kerja masing-masing," pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)