Inilah 8 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Kamis, 01 September 2022 - 14:19 WIB
loading...
Inilah 8 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya
Ini daftar 8 sekolah kedinasan terbaik di Jakarta dan sekitarnya. Foto/Dok/IPDN.
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan terbaik yang dinaungi instansi pemerintah banyak yang berdomisili di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya. Kuliah gratis dan berpeluang menjadi PNS menjadi salah satu alasan sekolah kedinasan ini diburu oleh masyarakat.

Tahun ini ada delapan instansi yang membuka rekrutmen di seleksi sekolah kedinasan, meliputi Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pusat Statistik, Badan Intelijen Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Badan Siber dan Sandi Negara serta Kementerian Perhubungan.

Dikutip dari masing-masing laman resmi sekolah kedinasan, berikut ini sekolah kedinasan terbaik yang berdomisili di DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Baca juga: 4 Keuntungan Kuliah di STAN, Kuliah Gratis Juga Diangkat CPNS

1. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS berada di bawah naungan Badan Pusat Statistika. Dikutip dari laman resminya, Politeknik Statistika STIS berada di Jalan Otto Iskandardinata No 64 C, Jakarta Timur.

Politeknik Statistika STIS mempunyai tiga program studi. Yakni, Program Studi DIII Statistika, Program Studi DIV Statistika, dan Program Studi DIV Komputasi Statistika.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Pada Maret 2000, Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah status menjadi STIP dengan struktur organisasi baru yang berlaku sejak tahun ajaran 1995/1996 yang mengelola tiga jurusan yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.

STIP Jakarta yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini berlokasi di Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)-Kampus Jakarta

Kampus utama IPDN berada di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Namun IPDN juga memiliki beberapa kampus regional yang tersebar di Indonesia, salah satunya DKI Jakarta.

Berdasarkan laman IPDN Kampus Jakarta, lokasinya berada di Jalan Ampera Raya No 1 RW 6, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

IPDN menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit. Tahun 2022 IPDN membuka kuota penerimaan sebanyak 1.230 calon praja yang terbagi ke seluruh provinsi di Indonesia.

4. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Pada seleksi sekolah kedinasan 2022, PKN STAN membuka kuota untuk 750 formasi. PKN STAN menyediakan tiga program studi, yakni Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, dan Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan vokasi di bidang keuangan negara ini pada laman resminya mencantumkan alamat kampus di Jalan Bintaro Utama Sektor V Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan sekolah kedinasan di bawah Badan Intelijen Negara (BIN). Pada 2022, STIN menerima taruna dan taruni baru dengan kuota sebanyak 300 orang.

STIN diresmikan pada 2003 dengan nama Institut Intelijen Negara (IIN). Namun pada 2004 IIN berubah nama menjadi STIN. Laman resminya mencantumkan alamat STIN di Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: 10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG menjadi salah satu sekolah kedinasan yang membuka penerimaan taruna/taruni di tahun ini dengan menyediakan 250 formasi bagi seluruh siswa Indonesia. STMKG berlokasi di Jalan Perhubungan I No 5, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang Selatan.

STMKG sendiri merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan
Geofisika (BKMG). Para siswa akan dididik menjadi tenaga profesional dan ahli di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika atau instrumentasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

7. Poltekip dan Poltekim

Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Poltekip dan Poltekim berada di Jalan Raya Gandul No 4, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Pada 2022 Kemenkumham membuka 2 jalur formasi, yakni formasi umum maupun pegawai Kemenkumham. Untuk formasi umum kuotanya sebanyak 300 Poltekip dan 300 untuk Poltekim. Kemudian formasi pegawai Kemenkumham 50 kuota Poltekip dan 10 kuota Poltekim.

8. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Laman resminya mencantumkan alamat Poltek SSN berada di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Kuota formasi untuk Poltek SSN 2022 adalah sebanyak 100 taruna sesuai Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/510/M.SM.01.00/2022 tanggal 18 Maret 2022 tentang Persetujuan Prinsip Kebutuhan CPNS dari Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara Tahun 2022.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4783 seconds (0.1#10.140)