UT Makin Diminati Generasi Muda, Inovasi IT Terus Diperluas

Senin, 05 September 2022 - 09:33 WIB
loading...
A A A
Baca juga: 5 Universitas Negeri dengan Biaya Kuliah Termurah, Bisa Jadi Pilihan Alternatif

Dia mengatakan, UT juga telah menyalip dan semakin di depan dalam pemanfaatan teknologi. Saat ini UT juga tengah mengembangkan beragam program metaverse dalam mendukung layanan akademik dan non akademik.

"Hal ini sebagai bentuk realiasi UT sebagai cyber university. Dengan demikian pengalaman mahasiswa akan semakin lengkap sehingga mereka semakin mempunyai daya saing lebih tinggi dan kompetitif," katanya.

Salah satu layanan bantuan belajar yang disediakan UT dan diminati mahasiswa saat pandemi adalah Tutorial Webinar (Tuweb). Tuweb ini melengkapi layanan tutorial online secara asynchronous yang sudah lama diikuti mahasiswa UT.

Selain itu, dalam hal pengukuran hasil belajar, UT juga mendesain ujian dengan take home exam (THE), yang dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dan di luar negeri.

Pada kesempatan Dies ke-38 ini UT juga meluncurkan Sistem Informasi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pertanggungjawaban Keuangan (SIPPP). Yakni sebuah sistem informasi tata kelola yang terintegrasi dan menghubungkan seluruh sumber daya yang ada di UT. Sistem ini dikembangkan dengan arsitektur microservice.

Dengan adanya SIPPP dimungkinkan pengambilan keputusan yang cepat oleh manajemen karena informasi data tersedia secara realtime. Selain itu menggunakan dokumen digital sehingga hemat kertas. Dan juga pengaplikasian teknologi kecerdasan buatan memungkinkan fungsi analisis akan semakin baik.

Selain SIPPP, ada juga peluncuran Aplikasi Kerja Sama atau AKSARA. Sedangkan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia di UT diluncurkan UT-Corpu dan pencanangan kegiatan Budaya Kerja Organisasi.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 UT telah dimulai sejak 22 Juni 2022 yang melibatkan seluruh civitas akademika termasuk para mahasiswa dan seluruh pegawai yang berpartisipasi pada lomba-lomba Disporseni Nasional. Serta kegiatan lain seperti seminar hingga pengukuhan guru besar. Puncak Dies ke-38 digelar pada 4 September 2022 yang juga dihadiri Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)