Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UI Dorong Optimalisasi Green Economic di Bali

Selasa, 06 September 2022 - 17:00 WIB
loading...
Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UI Dorong Optimalisasi Green Economic di Bali
Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Vokasi UI Rahmi Setiawati. Foto/Dok/Humas Vokasi UI
A A A
JAKARTA - Tim Pengabdian Masyarakat Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia menggelar pelatihan dan pendampingan untuk peningkatan kapabilitas SDM wisata di Desa Sidatapa, Bali. Sebagai salah satu desa di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Desa Sidatapa memiliki potensi sebagai desa wisata.

Keindahan alam, nilai sejarah, dan budaya yang kuat, rumah adat serta mata pencaharian penduduk yang sebagian besar adalah penganyam bambu menjadi keunikan yang dimiliki Desa Sidatapa. Mengayam bambu menjadi warisan pekerjaan secara turun-temurun yang menjadi kekhasan Desa Sidatapa.

Baca juga: 10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Pengabdian Masyarakat Vokasi UI pada kegiatan ini mengangkat model green economy (ekonomi hijau) sebagai upaya pengembangan desa wisata Sidatapa.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Vokasi UI Rahmi Setiawati menjelaskan, Green Economy adalah suatu gagasan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan.
Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UI Dorong Optimalisasi Green Economic di Bali

"Potensi kerajinan bambu yang dimiliki oleh Desa Sidatapa dapat menjadi daya tarik wisata, di mana wisatawan yang berkunjung tidak hanya disuguhi keindahan alam tetapi juga pengalaman menganyam bersama pengrajin serta membeli hasil kerajinan dari masyarakat setempat," ujar Rahmi dalam keteranganya, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Inilah 8 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

Kegiatan pengabdian ini didukung oleh Anggota Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari dosen dan mahasiswa pada Program Studi Penyiaran Multimedia Vokasi UI, yakni Arius Krypton Onarelly, Melisa Bunga Altamira, Peny Meliaty Hutabarat, Ayda Prasasti Paraningratu, dan Gilang Satria Kemara.

Ketua dan Anggota Pengabdi Vokasi UI memberikan pelatihan dan pendampingan kepada penduduk Desa Sidatapa yang tergabung dalam komunitas Bambu Corner, yaitu sebuah rumah produksi kerajinan anyaman bambu Desa Sidatapa. Pelatihan terdiri dari pengenalan tentang green economy dan industri kreatif anyaman bambu serta pembekalan tentang pemasaran digital untuk memperkuat promosi kerajinan bambu.

Kepala Desa Sidatapa, Ketut Budiasa, menyambut baik program pelatihan yang diberikan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Vokasi UI dan berharap dilanjutkan pada proses pendampingan jangka panjang.

“Kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat kami di Desa Sidatapa. Semoga kegiatan ini mendorong para pengrajin bambu Sidatapa untuk semakin berinovasi dan nantinya dapat meningkatkan penghasilan masyarakat lewat promosi wisata dan anyaman bambu” pesan Ketut Budiasa.

Selain itu, Ketua Komunitas Bambu Corner Sidatapa, Putu Daendy Saputra, juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan pelatihan dari Vokasi UI ini diharapkan para pengrajin bambu Sidatapa dapat belajar semakin mengenal jangkauan jaringan pasar, memanfaatkan teknologi digital untuk promosi kerajinan bambu serta secara berkelanjutan memperkenalkan karya anyaman bambu Sidatapa pada target pasar di dalam maupun luar negeri.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1702 seconds (10.177#12.26)