Mahasiswa, Ini Lima Tips agar Bisa Lulus dengan Predikat Cumlaude

Sabtu, 24 September 2022 - 17:42 WIB
loading...
A A A
Bagi mahasiswa yang berhasil mendapatkan nilai sempurna dengan IPK 4,00 berhak mendapatkan predikat cumlaude tertinggi yakni summa cumlaude, atau lulus dengan pujian terbanyak. Syaratnya, kamu juga tidak boleh mengulang mata kuliah dan harus lulus tepat waktu.

5 Tips Lulus dengan Predikat Cumlaude

1. Jangan fokus ke mata kuliah yang kamu sukai saja

Kamu harus memberikan perhatian yang sama bahkan ke mata kuliah yang kurang kamu sukai, atau bahkan kurang kamu kuasai.

2. Perhatikan syarat-syarat yang berlaku selama kuliah

Cek syarat kehadiran, syarat pengumpulan tugas, syarat nilai UTS dan UAS. Meski nilai UTS dan UAS kamu bagus, tapi daftar hadir kamu kurang, tak bisa menjamin nilai akhir kamu akan bagus.

3. Kenali karakter dosen dan jalin hubungan baik

Terdapat dosen yang sangat menghargai mahasiswa yang suka bertanya dan berdiskusi. Ada juga yang suka dengan mahasiswa tepat waktu dan tidak pernah absen. Cukup banyak juga dosen yang sangat menyukai mahasiswa yang aktif dalam kegiatan kampus. Intinya, menjalin hubungan yang baik dengan dosen dijamin tidak akan rugi.

4. Cari nilai-nilai ekstra

Cukup banyak tugas tambahan yang tidak terlalu wajib dikerjakan, tapi bisa menjadi nilai plus. Misalnya, dosen meminta untuk mempelajari buku A untuk materi diskusi minggu depan. Pastikan kalian sudah membaca habis buku tersebut sebelum diskusi dimulai ya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)