Cegah Kenakalan Remaja dan Bullying, MTsN 1 Kota Malang Bentuk Klinik Karakter

Minggu, 02 Oktober 2022 - 07:36 WIB
loading...
A A A
Syamsudin bersyukur, sampai saat ini tidak ada pelanggaran siswa yang berupa tindak kekerasan. Klinik karakter dan smart room tidak selalu hanya memberikan layanan kepada siswa yang melanggar tata tertib.

Keberadaan klinik ini juga dioptimalkan untuk memberikan pendampingan bagi siswa dalam pengembangan bakat dan potensinya.

Sebagai bagian dari penguatan peran klinik karakter, madrasah secara rutin menggelar kelas Literasi Digital. Kelas ini diselenggarakan setiap hari Sabtu, dan diikuti setiap angkatan secara bergantian.

Syamsudin menjelaskan bahwa ada tiga kegiatan yang rutin digelar setiap Sabtu pagi, yaitu: literasi digital, senam, dan jalan sehat. Ketiga kegiatan ini dilakukan secara bergantian oleh kelas IX, X, dan XI di setiap pekannya.

“Dalam kelas literasi digital, kita memberikan materi edukatif kepada para siswa. Narasumbernya kadang didatangkan dari wali murid. Misal, ada orang tua yang punya keahlian terkait media sosial, baik dokter maupun praktisia keamanan medsos. Mereka kita undang untuk mengedukasi siswa agar memahami dampak positif dan negatif medsos,” paparnya.

“Pelibatan orang tua siswa sangat penting, kata Syamsudin, agar mereka memahami bahwa mengawal pendidikan siswa bukan hanya kewajiban madrasah tapi mereka juga,” pungkasnya.
(mpw)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2495 seconds (11.97#12.26)