3 Sekolah Kedinasan yang Cocok untuk Lulusan Bahasa

Selasa, 04 Oktober 2022 - 16:57 WIB
loading...
3 Sekolah Kedinasan yang Cocok untuk Lulusan Bahasa
Sederet sekolah kedinasan ini memiliki relevansi dan cocok untuk lulusan bahasa. Salah satunya STIN. Foto DOK Menpan
A A A
JAKARTA - Sederet sekolah kedinasan ini memiliki relevansi dan cocok untuk lulusan bahasa . Di Indonesia sendiri, cukup banyak jenis sekolah kedinasan yang bisa menjadi pilihan bagi siswa ketika berencana melanjutkan studinya.

Pada perkembangannya, sekolah kedinasan menjadi salah satu tujuan favorit lulusan SMA ataupun sederajat. Berstatus sebagai perguruan tinggi dibawah naungan institusi atau lembaga pemerintah, sebagian besar jenisnya tercatat tidak membebankan biaya pendidikan.

Baca juga : Ini 4 Sekolah Kedinasan di Medan

Lantas, apa sajakah sekolah kedinasan yang cocok untuk lulusan bahasa? Berikut di antaranya :

1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah kedinasan pertama dalam daftar ini adalah STIN atau Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, kampus ini bisa menjadi tujuan untuk para siswa yang memiliki impian menjadi anggota BIN.

Untuk diketahui, menjadi anggota Badan Intelijen Negara (BIN) tentu tidaklah mudah. Salah satu kriteria yang wajib dipenuhi adalah tingkat kecerdasan, termasuk di antaranya bisa menguasai banyak bahasa asing.

Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi para lulusan bahasa yang telah mempelajari bahasa-bahasa asing. Setidaknya, salah satu kriteria yang ditentukan untuk menjadi bagian BIN sudah terpenuhi dengan kompetensi yang pernah didapatkan.

Baca juga : 8 Sekolah Kedinasan Terbaik, Lulus Langsung Jadi CPNS

2. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Berikutnya adalah Politeknik Imigrasi atau Poltekim. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, sekolah kedinasan ini memiliki beberapa program studi. Di antaranya adalah Administrasi Keimigrasian, Hukum Keimigrasian, hingga Manajemen Teknologi Keimigrasian.

Ketika lulus, para alumni Poltekim dapat bekerja kantor imigrasi maupun Bandar Udara yang tersebar di penjuru wilayah Indonesia.

Melihat dari prospek kerjanya, para lulusan tentu dibekali dengan beragam kemampuan, termasuk penguasaan bahasa asing. Khususnya, bagi lulusan yang ditempatkan di berbagai bandara di Indonesia, karena secara langsung mereka akan sering berhadapan juga dengan warga negara asing yang memiliki kepentingan.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Sekolah kedinasan ini berada dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Dikutip dari pemberitaan Sindonews, beberapa fakultas yang tersedia di antaranya adalah Fakultas Manajemen Pemerintahan, Fakultas Perlindungan Masyarakat, serta Fakultas Politik Pemerintahan.

Untuk lulusannya sendiri, alumni IPDN ini berpeluang menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan nantinya ditempatkan di berbagai daerah, termasuk di kementerian sekalipun.

Dalam perannya membantu tugas pemerintahan, tentu sejumlah kemampuan dibutuhkan, termasuk cara berkomunikasi dengan baik dan benar agar terhindar dari miskom.

Dalam hal ini, lulusan bahasa kompetensi tersebut, khususnya alumni bahasa Indonesia. Tak hanya belajar tentang cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, para lulusannya juga sudah dibekali dengan pemahaman terkait cara komunikasi yang efektif dan tepat sasaran.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1472 seconds (10.177#12.26)