Prof. Nur Rianto Al Arif: Akselerasi Menuju Kampus Cerdas Bertaraf Internasional

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 17:02 WIB
loading...
A A A
"Untuk engagement dari sisi alumni agar bagaimana mereka tidak hanya datang ke kampus saat seremoni. Tapi bagaimana para alumni bisa berbuat sesuatu. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan di UIN Jakarta," terangnya.

Hal lain yang menjadi program kerjanya adalah perluasan jaringan kemitraa dengan industri dan pemangku kepentingan UIN Jakarta. Lalu, peningkatan rekognisi internasional dalam aktifitas tri dharma perguruan tinggi.

Selanjutnya, memperkuat kepeloporan, kemandirian, dan peran sosial profetik keislaman UIN Jakarta. "Bagaimana misalnya UIN Jakarta bisa memiliki endowement fund yang disimpan di sukuk. Imbal hasilnya bisa dikembalikan ke UIN Jakarta, ke mahasiswa dan sebagainya," terangnya.

Program kerja lainya, meningkatkan pendapatan negara bukan pajak dari unit bisnis akademik maupun non akademik. Menurutnya, ini bisa direalisasikan melalui program riset yang menghasilkakn paten atau bahkan buku-buku ajar yang bisa dijual

Terakhir, Profesor Al Arif juga menekankan pentingnya penguatan jurnal ilmiah di lingkungan UIN Jakarta dengan mendorong peringkat nasional dan internasionalnya.

"Kita semua butuh, tapi sayang seringkali tidak diperhatikan di tataran kebijakan. Untuk itu, bagaimana meningkatkan tata kelola jurnal sehingga misalnya bagaimana jurnal kita jadi jurnal internasional," jelasnya.

Sekilas Profil

Diketahui, Profesor Al Arif merupakan Guru Besar Ilmu Ekonomi Islam pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta. Ia menjadi Profesor pada 2020 melalui Surat Keputusan Menteri Penddikan dan Kebudayaan RI Nomor 35119/MPK/KP/2020 tertanggal 11 Maret 2020 sekaligus menjadi Profesor termuda di UIN Jakarta dengan dikukuhkan pada usia 38 tahun tahun.

Al Arif tercatat menyelesaikan pendidikan formal Sarjana Ekonomi Pembangunan Universitas Diponegoro tahun 2004. Selanjutnya, ia menempuh pendidikan Magister Sains dalam Ekonomi dan Keuangan Syariah Universitas Indonesia tahun 2006. Di Universitas Indonesia, ia juga menamatkan pendidikan doktor bidang Ilmu Ekonomi tahun 2017.

Selain menjadi dosen FEB UIN Jakarta sejak tahun 2008, Al Arif dipercaya menduduki sejumlah jabatan baik di dalam maupun luar kampus. Ia pernah ditunjuk menjadi Sekretaris Prodi S3 Perbankan Syarif FEB; Ketua Prodi Ekonomi Syariah; dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama FEB UIN Jakarta.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2273 seconds (11.252#12.26)