Unpad Undang Alumni Kuliah S2/S3 di Jalur Khusus, Cek Syaratnya

Rabu, 12 Oktober 2022 - 10:41 WIB
loading...
Unpad Undang Alumni Kuliah S2/S3 di Jalur Khusus, Cek Syaratnya
Unpad mengundang alumninya untuk kuliah Magister dan Doktor. Foto/Tangkap layar laman Unpad.
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran ( Unpad ) mengundang alumni untuk melanjutkan studi ke jenjang Magister atau Doktor. Mereka bisa melakukan pendaftaran melalui program Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran ( SMUP ) Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja.

Kepala Kantor SMUP Unpad Ir. Anas mengatakan, program SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja merupakan apresiasi dan penghargaan bagi para alumni Unpad untuk bisa secara langsung melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Alumni akan diundang fakultas masing-masing untuk melanjutkan studi sesuai jenjang pendidikan terakhirnya di Unpad. “Peserta itu nanti diusulkan untuk dipertimbangkan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Rekomendasi dari fakultas masing-masing,” ungkapnya, dikutip dari laman resmi Unpad, Rabu (12/11/2022).

Baca juga: Mahasiswa Unnes Raih Prestasi di Ajang Inovasi Dunia

Secara teknis, fakultas akan menghubungi alumni, baik melalui surat elektronik (email) ataupun nomor seluler, untuk menawarkan kesempatan menempuh pendidikan lanjutan ke Unpad. Jika lulusan Sarjana akan diundang untuk melanjutkan studi ke program Magister, sedangkan lulusan Magister akan diundang untuk melanjutkan studi ke program Doktor.

Alumni yang mendapat undangan dan tertarik mengikuti SMUP akan diminta menghubungi fakultas kembali untuk mendapat rekomendasi dari Dekan. Hal ini menjadi salah satu dokumen yang wajib dilampirkan saat melakukan pendaftaran. Lebih lanjut Anas mengatakan, calon peserta SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja melakukan pendaftaran dan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan sesuai dengan program SMUP reguler.

Hanya saja, calon peserta SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja tidak perlu mengikuti Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI). “Peserta yang diundang sudah kami akui kompetensinya, sehingga tidak perlu ada TKA dan TKBI,” jelas Anas.

Pada intinya, program ini memberi kesempatan kepada alumni terpilih, baik yang lulus dalam dua tahun terakhir atau lebih dari dua tahun, untuk kembali menimba ilmu di Unpad sehingga akan memberikan manfaat lebih di tempat mereka berkiprah.

Anas mengatakan, batas akhir pengumpulan data pendaftaran Program SMUP Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja akan ditutup pada 22 Desember mendatang. “Jika sudah ada undangan, hubungi fakultas sehingga bisa mendapatkan rekomedasi. Jangan lupa mendaftar di sistem pendaftaran SMUP dengan melampirkan semua persyaratan yang diperlukan. Untuk scan dokumen, silakan scan dari dokumen asli, jangan dari dokumen fotokopi,” kata Anas.

Informasi lebih lanjut mengenai program SMUP Jalur Alumni Beprestasi dan Berkinerja adalah sebagai berikut:

Program Magister

Calon peserta undangan Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja adalah semua lulusan dari Program Studi Sarjana atau Sarjana Terapan di lingkungan Universitas Padjadjaran dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Peserta Seleksi Program Magister yang maksimal lulus program sarjana atau sarjana terapan dalam dua tahun terakhir (fresh graduate):
a. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing;
b. Lulusan Program Sarjana atau Sarjana Terapan dengan IPK minimal 3.5;
c. Diundang oleh Fakultas dalam program ini.

2. Peserta Seleksi Program Magister yang lulus lebih dari dua tahun terakhir:
a. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing;
b. Lulusan Program Sarjana atau Sarjana Terapan dengan IPK minimal 3.00;
c. Memiliki rekomendasi minimal dari 1 referee;
d. Memiliki minimal 5 tahun pengalaman kerja atau saat ini sedang memegang jabatan sekurang-kurangnya setingkat Manager Lini Pertama;
e. Diundang oleh Fakultas dalam Program ini.

Baca juga: Keren, 2 Mahasiswa Unair Diundang Jadi Pembicara di FBI

Program Doktor

Calon peserta undangan Jalur Alumni Berprestasi dan Berkinerja adalah semua lulusan dari Program Magister atau Spesialis di lingkungan Universitas Padjadjaran dan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Peserta Seleksi Program Doktor yang maksimal lulus program Magister atau Spesialis dalam dua tahun terakhir:
a. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing;
b. Lulusan Program Magister atau Spesialis dengan IPK minimal 3.80;
c. Memiliki minimal satu publikasi di jurnal internasional bereputasi (Q3);
d. Memiliki rekomendasi minimal dari 2 referee;
e. Memiliki rekomendasi dari Calon Promotor; f. Diundang oleh Fakultas dalam Program ini.

2. Peserta Seleksi

Program Doktor yang lulus program magister atau spesialis lebih dari dua tahun terakhir:
a. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing;
b. Lulusan Program Magister atau Spesialis dengan IPK minimal 3.25;
c. Memiliki rekomendasi minimal dari 2 referee;
d. Memiliki rekomendasi dari calon promotor;
e. Memiliki minimal 10 tahun pengalaman kerja dan minimal atau saat ini sedang memegang jabatan sekurang-kurangnya setingkat Manager Tingkat Menengah;
f. Diundang oleh Fakultas dalam Program ini.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2884 seconds (0.1#10.140)