Sambut Baik Media Literasi MNC Media, Wakil Dekan UMB Singgung Peran Penting Jurnalis

Rabu, 12 Oktober 2022 - 14:03 WIB
loading...
Sambut Baik Media Literasi MNC Media, Wakil Dekan UMB Singgung Peran Penting Jurnalis
Diskusi Media Literasi di Universitas Mercu Buana yang digelar MNC Media, Rabu (12/10/2022). Foto/MPI/Dimas Choirul.
A A A
JAKARTA - Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mercu Buana (UMB), Juwono Tri Atmodjo menyambut baik kegiatan diskusi yang diadakan oleh MNC Media . Juwono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang baik antara media dan dunia akademik.

"Harapan nanti kolaborasi ini bisa memberikan beberapa hal pembekalan bagi mahasiswa kami. Khususnya untuk di dunia praktisi," kata Juwono saat menyampaikan sambutan, Rabu (12/10/2022).

Menurut Juwono, era jurnalistik saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Terlebih di tengah derasnya arus digitalisasi. Para jurnalis, kata dia, dituntut untuk serba bisa.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Ikuti Diskusi Media Literasi MNC Media

"Kemampuan (hardskill) juga, tidak hanya kreativitas berjalan, kemampuan komunikasi, ngedit juga berjalan. kalau dulu ditangani 4 orang sekarang bisa jadi sudah satu orang semua bisa ngambil gambar, ngedit, dan sebagainya," ungkapnya.

Sehingga, menurutnya, dari sisi kurikulum, perguruan tinggi juga harus ada evaluasi agar bisa menyesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Ia pun berharap kegiatan yang diadakan MNC Media ini dapat terus berlanjut.

"Selain itu mampu bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak. Harapannya kerja samanya ini bisa berjalan terus," pungkasnya.

Sementara itu, Corporate Secretary MNC Media, Tony Andrianto mengatakan, melalui Media Literasi ini, MNC Media ingin berperan aktif dalam memberikan ilmu kepada para mahasiswa seputar sosial media, content creator, dan hoaks yang saat ini sedang merambah.

“Kegiatan Media Literasi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT MNC Media (RCTI, MNCTV, GTV) yang kebetulan ulang tahunnya berdekatan, dan juga menjadi salah satu bentuk kegiatan sosial MNC Media," katanya.

Baca juga: Tata Cara Lengkap Daftar Beasiswa Unggulan, Jangan Sampai Salah

Dengan kegiatan Media Literasi ini, Tony berharap para mahasiswa tidak saja mendapat ilmu dari para dosen atau buku-buku, tapi juga langsung dari para profesional di bidangnya. Di akhir acara para peserta Media Literasi pun mendapatkan sertifikat dari MNC Media.

Sebagai informasi, setelah sempat terkendala karena pandemi Covid, dalam rangkaian ulang tahun MNC Media (RCTI, MNCTV & GTV), MNC Media kembali menggelar kegiatan Media Literasi di tiga perguruan tinggi yaitu MNC University, Universitas Esa Unggul dan Universitas Mercu Buana.

Di Universitas Mercu Buana, sebanyak 300 mahasiswa lebih mengikuti kegiatan tersebut. Mereka terdiri dari Fakultas Ilmu Komunikasi.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1616 seconds (10.55#12.26)