Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi

Kamis, 27 Oktober 2022 - 23:08 WIB
loading...
A A A
Sebut saja seperti dari rumpun alam (kimia, biologi, fisika), rumpun ilmu sosial (sosiologi, ekonomi), ilmu humaniora (bahasa, filsafat, sastra), dan lainnya.

Perguruan tinggi dengan model Universitas di antaranya adalah Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan lainnya.

Baca juga : Kemendikbud Terbitkan Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi

3. Sekolah Tinggi

Berikutnya ada Sekolah Tinggi. Dalam pengertiannya, Sekolah Tinggi merupakan jenis perguruan tinggi yang hanya membuka satu program prosesi sesuai spesialisasinya dan terbagi menjadi beberapa jurusan yang masih berkaitan.

Perguruan tinggi dengan model Sekolah Tinggi di Indonesia di antaranya adalah Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dan lain sebagainya.

4. Akademi

Akademi merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan sebuah program studi dan lebih menekankan pada keterampilan praktik kerja, serta kemampuan untuk mandiri.

Beberapa contoh perguruan tinggi dengan model Akademi di Indonesia adalah Akademi Minyak dan Gas Bumi, Akademi Kepolisian, dan lainnya.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4190 seconds (0.1#10.140)