Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Indonesia

Senin, 31 Oktober 2022 - 14:19 WIB
loading...
A A A
6. Jurusan Teknik Pengairan

Jurusan teknik pengairan menghasilkan ahli di bidang pengairan. Jurusan ini termasuk langka karena hanya terdapat di dua kampus, yakni Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung.

Ilmu yang dipelajari pada jurusan ini diterapkan misalnya untuk perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik. Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya menetapkan uang kuliah mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000.

7. Jurusan Akuakultur

Jurusan akuakultur atau budidaya perairan mempelajari segala sesuatu terkait budidaya ikan, baik di air tawar maupun di air laut. Memang mirip dengan budidaya perikanana, tetapi jurusan ini lingkupnya lebih kompleks karena mempelajari pula mengenai kelestarian lingkungan. Universitas Jenderal Soedirman adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, dengan uang kuliah mulai dari Rp500.000.

8. Jurusan Teknologi Bioproses

Jurusan teknologi bioproses adalah jurusan yang mempelajari pemanfaatan mikroorganisme (biomassa) untuk proses dalam skala industri yang menghasilkan keuntungan. Mata kuliah yang diberikan di jurusan ini juga ada yang terkait dengan ilmu kimia, karena jurusan ini pada dasarnya menggabungkan ilmu bioteknologi dan teknik kimia. Universitas Indonesia memiliki jurusan teknologi bioproses dengan biaya antara Rp500.000-Rp7.500.000 per semester.

9. Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Mahasiswa pada jurusan teknologi pengolahan hasil perikanan akan mempelajari mengenai pengolahan ikan dalam level industri, termasuk pula aspek yang terkait pembangunan dan pengembangan industri perikanan. Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada adalah kampus yang memiliki jurusan ini. Setiap semester, uang kuliah jurusan ini di Universitas Brawijaya dan UGM mulai dari Rp500.000.

10. Jurusan Akuntansi Keuangan Publik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)