Kampus Diminta Terus Beradaptasi dan Berinovasi

Senin, 31 Oktober 2022 - 16:37 WIB
loading...
Kampus Diminta Terus Beradaptasi dan Berinovasi
Acara serah terima dan pelantikan Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana. Foto/Ukrida.
A A A
JAKARTA - Institusi pendidikan terutama perguruan tinggi memiliki berbagai peluang dan juga tantangan di era disrupsi seperti saat ini. Namun kampus diminta untuk terus beradaptasi dan juga berinovasi menghadapi tantangan tersebut.

Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen Krida Wacana (BP-YPTKKW) Siswono Akuan Rokanta mengatakan, setiap masa memiliki tantangan tersendiri karena itu institusi pendidikan, dalam hal ini Ukrida, perlu terus berinovasi menyesuaikan perubahan yang ada.

Baca juga: Ini Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer

“Dulu siswa yang mencari sekolah atau perguruan tinggi, tetapi sekarang sekolah atau perguruan tinggi yang mencari siswa. Ini menjadi tantangan bersama bagi dunia pendidikan saat ini," katanya, melalui siaran pers, Senin (31/10/2022).

Siswono pun mengajak seluruh anggota pengurus dan sivitas akademika langsung bekerja keras dan berjuang sekuat tenaga untuk melanjutkan karya agar masyarakat lebih merasakan dampak baik kehadiran PTS yang terakreditasi Baik Sekali ini, sebagai garam dan terang dunia.

Saat ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung sangat cepat, terlebih era industri 4.0 menuju 5.0. Kondisi ini menjadi tantangan bagi penyelenggara pendidikan tinggi, termasuk pihaknya, sehingga sangat dibutuhkan kesatuan tekad dan langkah sebagai universitas yang merupakan sebuah kampus dengan berbagai entitas ilmu di dalamnya.

Diketahui, Persidangan ke-80 Majelis Sinode Wilayah (MSW) Gereja Kristen Indonesia (GKI) Sinode Wilayah Jawa Barat menetapkan Siswono Akuan Rokanta sebagai Ketua Umum BP-YPTKKW Masa Pelayanan 2022 – 2026, menggantikan Hidajat Lesman.

Selain itu, juga dilantik Junianto Hadimartono sebagai (Sekretaris Umum), Irawati Sutanto (Bendahara Umum), Mingke Manovia (Wakil Bendahara), Suwandi Supatra (Anggota), Pdt. Danny Purnama (Anggota), dan Kristinawati Susatio, (Anggota).

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Indonesia

Pada saat yang bersamaan, juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Yayasan Badan Pendidikan Kristen Penabur Masa Pelayanan 2022 – 2026, yaitu Adri Lazuardi sebagai Ketua Umum.

"Seluruh anggota pengurus harus siap melayani dan mengabdi lebih baik lagi untuk memajukan Indonesia melalui bidang pendidikan, dan menginspirasi sekolah Kristen lainnya dalam meningkatkan Iman, Ilmu dan Pelayanan," ujar Adri Lazuardi.

Anggota Badan Pembina YPTKKW dan Yayasan BPK Penabur Ruddy Koesnaedi mengatakan selain bersyukur bisa melalui masa pandemi Covid-19, namun kita tetap juga perlu mewaspadai kebiasaan baru di era New Normal, terutama terkait dengan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan.

"Kondisi saat ini juga sedang diliputi oleh ketidakpastian, termasuk kondisi politik, karena itu perlu mencermati perubahan yang berlangsung secara cepat," imbuhnya.

Dia juga mengucapkan selamat bekerja dan melayani. Ruddy juga mengingatkan pengurus Ukrida maupun Penabur sangat memerlukan dukungan dari semua pihak sehingga diperlukan sinergi yang kuat dalam misi pendidikan ini sesuai tema “Diutus untuk Semakin Berdampak”.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2383 seconds (10.101#12.26)