6 Tips Jitu untuk Mahasiswa yang Ingin Lulus Kuliah 3,5 Tahun

Senin, 31 Oktober 2022 - 16:49 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Rektor Unair Terpilih Jadi Ketua FRI, Ajak Kampus Berkolaborasi

3. Belajar Giat agar Tidak Mengulang Mata Kuliah Wajib

Mengulang mata kuliah bisa membuat kalian harus lulus pada tahun berikutnya. Selain menunda kelulusan, hal ini juga dapat mengurangi kesempatan mahasiswa untuk lulus dengan status Pujian atau Cumlaude.

4. Jadikan Dosen sebagai Teman Diskusi

Dosen wali maupun dosen bisa kamu dekati dan ajak berdiskusi. Bukan soal mata kuliah yang baru saja diajarkan di kelas melainkan kamu bisa mengungkapkan keinginanmu untuk ingin lulus cepat termasuk ingin mendapat gelar Cumlaude.

5. Mengikuti Organisasi Kampus sejak Semester Awal

Sebelumnya, pilih organisasi kampus yang sesuai hobi dan minatmu. Selanjutnya, atur waktu antara jadwal kuliah, belajar, dengan aktivitas organisasi agar kuliahmu tak terbengkalai.

Mengikuti organisasi kampus memang dapat menambah keterampilan dan juga menambah jaringan. Dengan aktif di organisasi kampus maka kalian akan bisa berkenalan dengan senior yang juga bisa memberikan masukan yang baik untuk target kelulusanmu.

6. Jangan Menyampingkan Soft Skill

Target kuliah 3,5 tahun tidak akan terhambat dengan keikutsertaanmu di berbagai organisasi. Tetaplah aktif di organisasi untuk memperluas jejaring dan mengasah kemampuan nonteknis (softskill) demi bekal karier nanti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)