5 Tips Jitu Lolos Beasiswa ke Luar Negeri dengan IPK 2 Koma

Rabu, 02 November 2022 - 11:33 WIB
loading...
A A A
Pengalaman atau prestasi non akademik itu seperti mengikuti organisasi, kepanitian, komunitas, lomba, hingga pengabdian masyarakat. Beberapa beasiswa seperti Fulbright Scholarship atau LPDP secara spesifik menyebutkan mereka mengutamakan kandidat dengan pengalaman organisasi atau kemampuan leadership yang menonjol.

3. Surat rekomendasi

Baca juga: Kabar Gembira, Pekan Depan Beasiswa 5.000 Doktor Luar Negeri Cair Secara Bertahap

Surat rekomendasi biasanya diberikan oleh dosen pembimbing. Untuk lebih mudah memperolehnya, bangunlah komunikasi dan juga citra yang baik sehingga kalian akan mendapat review positif dalam surat rekomendasi yang akan dikirim ke penyedia beasiswa.

4. Asah Kemampuan Bahasa Inggris

Salah satu syarat wajib untuk mendaftar beasiswa adlaah sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Dan skor IELTS yang disyaratkan itu biasanya 5 sampai 6,5. Terus berlatih hingga mendapat skor tinggi hingga memenuhi batas minimum atau maksimum bisa memperbesar peluang lolos di satu beasiswa yang diincar.

5. Maksimalkan motivation letter

Ini adalah salah satu dokumen kunci untuk bisa lolos beasiswa. Penyeleksi yang awalnya mungkin tidak tertarik dengan profil kamu bisa berubah pikiran setelah membaca motivasimu mendaftar beasiswa setelah membaca motivation letter ini.

Buat motivation letter dengan jurusan yang ingin kalian pilih, pengalaman-pengalaman yang pernah dialami dan rencana ke depan dengan metode storytelling agar lebih meyakinkan dan masuk akal.

Nah, demikian tadi lima tips jitu untuk mendapatkan beasiswa meski nilai IPK kamu 2 koma. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)