30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Bukan Cuma Kedokteran yang Prospek Kerjanya Cerah

Jum'at, 04 November 2022 - 14:08 WIB
loading...
30 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA, Bukan Cuma Kedokteran yang Prospek Kerjanya Cerah
30 jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA. Pilihannya tidak hanya kedokteran namun masih banyak lagi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah untuk anak IPA itu beragam macamnya. Tidak hanya terbatas pada jurusan kedokteran yang peluang kerjanya cerah dan gaji tinggi namun ada jurusan kuliah lain untuk anak IPA yang menjanjikan.

Bagi kalian anak kelas 12, masih ada waktu untuk memikirkan tujuan kalian selanjutnya. Apabila kalian, khususnya anak kelas IPA ingin melanjutkan kuliah, maka bisa mencoba jurusan-jurusan yang cocok bidang IPA yang bisa dipilih di perguruan tinggi nantinya.

Memang dalam memilih jurusan itu seharusnya disesuaikan dengan minat dan bakat hal ini agar kalian bisa semangat menjalani masa perkuliahan yang sesuai dengan passion kalian.

Namun selain itu, penting juga memiliki bayangan mengenai jurusan apa yang dibutuhkan di masa depan, yang memiliki prospek kerja yang cerah, dan juga gaji tinggi untuk kehidupan kalian nanti.

Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini 30 jurusan kuliah untuk anak IPA yang bisa kalian pertimbangkan dari sekarang sebagai persiapan masuk kuliah tahun depan.

Baca juga: Mengenal Jabatan Tertinggi di Ranah Kampus, Jangan Sampai Keliru!

Desain dan Arsitektur

1. Arsitektur

Jurusan ini terbilang unik karena tak hanya mempelajari hal yang bersifat teknis pada bangunan tetapi juga memperhatikan sisi estetikanya. Mahasiswa akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan.

Biasanya arsitek akan bekerja sama dengan lulusan teknik sipil untuk pengerjaan suatu proyek. Arsitek yang akan menuangkan ide, konsep dan desain. Sementara Teknik Sipil yang akan membangun ide dari arsitek tersebut. Seorang arsitek bisa bekerja hampir di semua perusahaan properti dan konstruksi.

2. Desain interior

Jurusan Desain Interior dan Arsitektur memiliki perbedaan antara keduanya. Jurusan Arsitektur berfokus pada rancangan keseluruhan bangunan, sedangkan Desain Interior lebih berfokus pada optimalisasi pemanfaatan ruang yang tersedia.

Mahasiswa akan belajar tentang hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan. Contohnya, bagaimana cara menciptakan ruang yang sesuai dengan sifat pengguna dan jenis kegiatannya. Ruangan harus mampu mendukung seluruh kebutuhan pengguna, termasuk meningkatkan mood saat digunakan.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dapat disebut sebagai versi mutakhir dari Desain Grafis. Hal ini pembelajaran yang ada pada prodi DKV lebih luas dan tak hanya berpacu pada karya visual 2D di media cetak seperti Desain Grafis. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) juga akan mempelajari karya visual dalam versi 3D dan karya visual gerak lainnya.

Bidang Teknik

4. Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan. Jangan heran, kalau nanti kamu melanjutkan studi ke jurusan saintek ini, ada beberapa tugas yang mendorongmu untuk menggambar.

5. Teknik Industri

Mahasiswa tidak hanya akan mendalami ilmu mengenai seluk-beluk sebuah mesin manufaktur, tetapi juga akan mempelajari sistem manajemen sebuah industri. Karena itu, prospek kerja di jurusan ini pun sangat luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar, misalnya sebagai HRD, divisi produksi, divisi spesialisasi teknik industri, divisi engineering, hingga divisi perencanaan biaya.

6. Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan akan mempelajari bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan sebagainya. Kalian bisa bekerja di industri-industri yang bergerak di bidang petrokimia, minyak, pertambangan, dan sebagainya.

7. Teknik Nuklir

Nuklir tidak hanya digunakan untuk membuat bom atom saja melainkan sudah dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, hingga energi. Kalian bisa mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya.

Lulusannya bisa bekerja di berbagai dunia kerja seperti di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

8. Teknik Pertanian

Teknik Pertanian adalah disiplin ilmu di pertanian yang lebih menekankan kepada aspek teknik (mesin). Bagaimana kamu merancang mesin-mesin atau sistem untuk membuat hasil panen menjadi maksimal dengan cara yang efektif.

Kalian akan diajarkan cara mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan membuat sistem atau peralatan permesinan yang cocok digunakan di lahan itu. Supaya hasilnya maksimal dan efisien.

9. Teknik Mesin

Untuk kalian yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mesin, bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Kamu juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusannya sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

10. Teknik Geologi

Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Kajiannya mencakup mineral, gas bumi, nikel, hingga emas. Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.

11. Teknik Kimia

Jurusan Kimia berbeda dengan Teknik Kimia. Perbedaannya adalah Teknik Kimia mengedepankan proses olahan bahan mentah menjadi bahan guna lainnya, bisa bahan jadi atau setengah jadi. Mata kuliah Jurusan Teknik Kimia, contohnya Pengantar Mikrobiologi Industri, Pengolahan Air dan Limbah Industri, dan Perancangan Alat Proses.

12. Teknik Perkapalan

Jurusan untuk anak IPA yang bisa dipertimbangkan juga adalah Teknik Perkapalan. Sebagai salah satu cabang Jurusan Teknik, mata kuliah yang diberikan ada embel-embel Menggambar Teknik, Matematika Teknik, dan Komputasi Teknik. Selain itu, didukung juga dengan mata kuliah keahlian Teknik Perkapalan, contohnya Proses Manufaktur Kapal, Mekanika Fluida Dasar Kapal, hingga Merancang Kapal.

13. Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro berkaitan erat dengan bidang kelistrikan. Mata kuliah keahlian yang diberikan di jurusan saintek yang diambil dari contoh prodi Elektro Universitas Jenderal Soedirman, antara lain Bahan Listrik, Fisika Teknik, Konsep Telekomunikasi Sistem Mikroprosesor, dan Praktikum Konversi Energi.

14. Teknik Biomedis

Mahasiswa Teknik Biomedis akan dibekali ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran. Fokus keilmuwan tadi menjadi daya tarik dari jurusan ini, apalagi prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi memiliki peluang yang cukup besar.

Kalian bisa berkarier di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian, hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Loh Keuntungan Ikut Program Bangkit

Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

15. Astronomi

ITB diketahui membuka jurusan Astronomi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Kurikulum Jurusan Astronomi di ITB memiliki tiga sub-bidang kajian: Galaksi dan Kosmologi, Fisika Bintang, dan Tata Surya. Mata kuliah di jurusan saintek yang satu ini juga mencakup berbagai ilmu, seperti geometri, algoritma pemrograman, kalkulus, termodinamika, fisika kuantum, dan mekanika.

16. Bioteknologi

Salah satu yang membuka jurusan Bioteknologi adalah Universitas Negeri Malang. Selain dibekali dengan mata kuliah keahlian wajib, seperti Mikrobiologi, Genetika, Kimia Pangan Fungsional, Imunologi, dan Bioinformatika, mahasiswa juga diberi ruang untuk memilih mata kuliah peminatan.

17. Matematika

Materi yang akan kamu pelajari di jurusan Matematika adalah campuran antara matematika murni dan aplikasi. Beberapa di antaranya juga merupakan mata kuliah yang mengasah logika kayak Algoritma dan Pemrograman.

Jurusan Matematika juga memiliki beberapa peminatan yang bisa dipilih, mulai dari matematika murni, riset operasi, komputasi, pemodelan, keuangan dan aktuaria, aljabar, statistik, dan sebagainya. Peminatan ini dapat berbeda-beda tergantung kampus.

18. Geografi

Mahasiswa Jurusan Geografi akan dibekali pengetahuan untuk menganalisis persoalan yang menyangkut ekologi dan kajian wilayah. Mata kuliah yang akan didapatkan, seperti Analisis Risiko Bencana Alam, Konservasi Sumber Daya Alam, Sistem Informasi Geografis, Oseanografi, Geografi Pariwisata.

Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi

19. Ilmu Komputer

Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi benar-benar pesat beberapa tahun ke belakang. Maka tidak heran juga jika jurusan saintek di bidang ilmu komputer dan teknologi makin banyak diminati. Mata kuliah yang akan dipelajari seperti Dasar Pemrograman, Kecerdasan Buatan, Pengantar Teknologi Geospasial, Keamanan Informasi, dan Data Mining.

20. Teknologi Informasi

Ada beberapa mata kuliah yang serupa di kurikulum Jurusan Teknologi Informasi dengan Jurusan Sistem Informasi, seperti materi Pemrograman Web dan Jaringan. Jurusan saintek ini juga mendorong mahasiswa untuk belajar materi keahlian lainnya, seperti Arsitektur Data, Desain Interaksi, Efek Visual dan Animasi, Sistem Sensor dan Aplikasi, dan Digital Forensik.

21. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi akan mempelajari berbagai materi keahlian, seperti Basis Data, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Statistika Inferensi, dan Pemrograman Web. Di samping itu, ada juga beberapa mata kuliah pilihan, seperti yang ditawarkan di Jurusan Sistem Informasi Universitas Airlangga, berupa materi Perancangan Sistem Interaksi E-Health dan Metode Kuantitatif Bisnis.

22. Informatika

Jurusan ini cocok dipilih olehmu yang suka dengan perkembangan teknologi. Mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah untuk menopang keahlian diri untuk menjadi ahli di bidang ini, seperti Rekayasa Lunak, Fundamental Pengembangan Aplikasi, Pengembangan Aplikasi Informatika Medis, serta Sistem dan Jaringan Komputer.

Mata kuliah pilihan yang bisa diambil contohnya, Kapita Selekta Informatika Medis, Big Data, Forensika Digital, Keamanan Siber dan Informasi, dan Intelijen Bisnis.

Bidang Kesehatan

23. Kedokteran

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi. Sistem pembelajaran untuk Jurusan Kedokteran akan berbeda antara satu perguruan tinggi dengan yang lainnya. Sebagai contoh, Jurusan Kedokteran UGM, mempersiapkan peserta didik untuk menempuh pendidikan akademik selama 3,5 tahun. Setelah itu, perkuliahan dilanjutkan dengan fase profesi selama 2 tahun. Materi pembelajaran disusun secara bertahap, mulai dari dasar pemahaman fisiologis dan homeostasis, hubungan antara kondisi sehat dan sakit, hingga keterampilan klinis.

24. Kedokteran Gigi

Jurusan Kedokteran Gigi dimulai dengan fase akademik lalu dilanjut dengan pendidikan profesi. Contoh mata kuliah Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, antara lain Oral Biologi, Pedodonsia, Konservasi Gigi, Farmakologi, dan Ilmu Kesehatan Anak.

25. Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan terus menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan. Farmasi di sini tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja ya, tetapi juga industri kosmetik. Lulusan Farmasi akan bertugas untuk meracik, menganalisis, dan mengindentifikasi obat-obatan serta kosmetik yang sesuai dengan standar kelayakan kesehatan.

26. Keperawatan

Lulusan dari jurusan Keperawatan sangat dibutuhkan di masa depan untuk membantu tugas dokter. Sebagai seorang perawat, mahasiswa akan mempelajari cara penanganan pasien yang tugasnya tidak kalah penting dari dokter.

27. Kebidanan

Tak seperti jurusan lainnya, jurusan Kebidanan punya syarat khusus yaitu hanya untuk perempuan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana membantu proses persalinan seorang ibu. Namun tak hanya sebatas proses persalinan saja, tapi juga merangkap proses mulai dari fase-fase dalam kehamilan, menyusui, merawat, tumbuh kembang bayi, hingga program Keluarga Berencana (KB). Kamu juga akan belajar lebih dalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan segala hal yang berkaitan dengan usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga.

28. Ilmu Gizi

Di jurusan Ilmu Gizi mahasiswa akan mempelajari tentang hubungan antara pertumbuhan manusia, produktivitas, serta kualitas kesehatan tubuh. Selain itu, juga akan dibekali ilmu tentang berbagai jenis penyakit, ilmu dasar patofisiologi serta anatomi tubuh manusia dan kaitannya dengan interaksi makanan, organ tubuh, obat-obatan, dan fitokimia.

29. Kesehatan Masyarakat

Kamu yang berminat memilih jurusan ini, nantinya akan mempelajari mengenai pencegahan penyakit dan tindakan promosi kesehatan di masyarakat. Jadi, tidak hanya belajar bagaimana agar masyarakat tetap sehat saja, kalian akan dibekali skill kampanye kesehatan. Dengan belajar di jurusan ini kamu diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga harapan hidup masyarakat menjadi terjamin.

30. Kedokteran Hewan

Bagi yang punya anabul (anak bulu) di rumah dan mau serius mikirin kebahagiaan dan kesejahteraannya, jurusan kuliah IPA satu ini cocok banget untukmu. Mengambil contoh dari IPB University, mahasiswa Jurusan Kedokteran Hewan akan dibekali kemampuan teori dan praktik sesuai bidang ini.

Beberapa materi kuliahnya, antara lain Profesi Veteriner dan Kesejahteraan Hewan, Anatomi Veteriner, Farmakologi, Ilmu Bedah Umum Veteriner, dan Manajemen Kesehatan Satwa Aquatik. Seperti Jurusan Kedokteran umum, mahasiswa jurusan ini juga dibekali dengan pendidikan profesi setelah menyelesaikan fase akademik selama 8 semester.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)