8 Universitas Terbaik Indonesia dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja Versi QS WUR 2022

Selasa, 08 November 2022 - 09:44 WIB
loading...
8 Universitas Terbaik Indonesia dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja Versi QS WUR 2022
Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Dok/Undip
A A A
JAKARTA - Quacquarelli Symonds World University Rankings ( QS WUR ), sebuah lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia baru saja merilis universitas dengan lulusan paling cepat dapat kerja.

Hasil survey lembaga tersebut yang berisi peringkat universitas disusun berdasarkan kategori Graduate Employability Rankings (GER) 2022.



Kategori ini dinilai berdasarkan pada kecepatan dan ketepatan lulusan sebuah Perguruan Tinggi dalam mendapatkan pekerjaan.

Menurut website resmi QS, setiap universitas yang diperingkatkan telah menunjukkan kemampusn untuk menghasilkan lulusan dengan soft skill yang dibutuhkan oleh tempat kerja modern.

Persaingan yang ketat dan lowongan pekerjaan yang terbatas membuat setiap universitas harus mempersiapkan diri memberikan keterampilan yang memadai bagi para mahasiswanya.



Ada lima indikator yang memengaruhi hasil peringkat, yaitu 30 persen reputasi pemberi kerja, 25 persen hasil alumni, 10 persen koneksi atasan-mahasiswa, 25 persen kemitraan dengan pengusaha, serta 10 persen tingkat kerja lulusan.

Berikut 8 universitas terbaik Indonesia dengan lulusan paling mudah dapat kerja versi QS GER 2022.

1. Universitas Diponegoro (Undip), 251-300

Menurut hasil penelitian QS GER 2022, Universitas Diponegoro (Undip) merupakan kampus terbaik Indonesia yang namanya pertama kali muncul dalam list. Undip memeroleh peringkat 251-300 dari seluruh universitas di seluruh dunia.

Undip yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, ini memang terkenal sebagai salah satu kampus terbaik di Jawa Tengah. Banyak pula calon mahasiswa yang berlomba untuk masuk ke Undip. Seluruh fakultas yang dimilikinya tak pernah sepi peminat.

2. Universitas Indonesia (UI) 251-300

Setelah Undip, nama Universitas Indonesia (UI) tertera dengan jelas di peringkat 251-300. Salah satu kampus terbaik Indonesia ini sangat terkenal di kalangan para calon mahasiswa.

Tidak perlu diragukan lagi, reputasi UI di Indonesia sudah terbentuk sejak lama sebagai penghasil lulusan terbaik. UI pun menjadi salah satu kampus terbaik Indonesia banyak meluluskan tokoh-tokoh penting di Indonesia.

3. Universitas Airlangga (Unair) 301-500

Universitas Airlangga (Unair) yang berada di Surabaya, Jawa Timur, ini juga menjadi salah satu kampus yang menghasilkan lulusan terbaik yang mudah mendapatkan pekerjaan. Unair berada pada peringkat 301-500 dari seluruh kampus di dunia.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB) 301-500

Urutan keempat diduduki oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada QS GER 2022, ITB meraih peringkat 301-500 dari seluruh universitas di dunia.

Kampus sains dan manajemen terbaik Indonesia yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini, memang sudah menjadi favorit di kalangan calon mahasiswa dan akademisi. Banyak lulusan hebat yang lulus dari kampus ini, salah satunya Ir. Soekarno.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM) 301-500

Kampus yang menjadi tempat Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menuntut ilmu ini sangat digandrungi oleh para lulusan sekolah menengah.

Mengantongi peringkat 301-500, tak perlu diragukan lagi, UGM memang telah meloloskan banyak lulusan-lulusan hebat.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 301-500

Kampus yang berada di Surabaya ini pun tak kalah dari kampus terbaik Indonesia lainnya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berada di peringkat 301-500 versi QS GER 2022.

Kampus ini terkenal dengan jurusan teknik dan komputernya yang sangat baik, sehingga relevan bagi mahasiswa untuk ke jenjang pekerjaan.

7. Bina Nusantara 501+

Bina Nusantara (Binus) merupakan satu-satunya kampus swasta di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan QS GER 2022, dan masuk dalam deretan kampus terbaik Indonesia. Kampus ini masuk sebagai pemilik peringkat 501+.

Binus terkenal dengan jurusan bisnisnya yang sangat bagus, bahkan jurusan non bisnisnya pun diselipkan pelajaran bisnis. Hal ini membuat banyak lulusannya mampu untuk membangun bisnis mereka sendiri, dan mendapat banyak peluang kerja.

8. Universitas Brawijaya (Unbraw)

Kampus terbaik Indonesia terakhir yang masuk dalam jajaran adalah Universitas Brawijaya (Unbraw). Kampus ini berhasil mendapat peringkat 501+.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)