3 Pahlawan Nasional yang Pernah Mengenyam Pendidikan di Luar Indonesia

Kamis, 10 November 2022 - 12:10 WIB
loading...
3 Pahlawan Nasional yang Pernah Mengenyam Pendidikan di Luar Indonesia
Terdapat sejumlah pahlawan nasional yang pernah mengenyam pendidikan di luar Indonesia. Salah satunya Mohammad Hatta. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah pahlawan nasional yang pernah mengenyam pendidikan di luar Indonesia. Dari sekian banyak kelompok, golongan akademis menjadi salah satu yang memberikan kontribusi mendalam bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Dalam sejarahnya, Indonesia memang memiliki banyak pejuang yang telah berkontribusi dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Uniknya, meski memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mereka tetap bersatu demi satu tujuan.

Baca juga : Deretan Pahlawan Nasional yang Pernah Menjadi Rektor

Tokoh-tokoh seperti Mohammad Hatta yang memiliki pengalaman pendidikan di luar negeri mencurahkan seluruh pengetahuan yang didapat untuk membantu perjuangan dan kepentingan bangsa.

Berikut beberapa pahlawan nasional yang pernah mengenyam pendidikan di luar Indonesia.

1. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta merupakan salah satu tokoh sentral perjuangan bangsa Indonesia. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 12 Agustus 1902 ini menjadi Wakil Presiden Indonesia pertama dan mendampingi Soekarno sebagai Presiden.

Dikutip dari laman Perpusnas, Hatta pernah mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Melayu Bukit Tinggi, kemudian lanjut ke ELS di Padang pada 1913-1916, MULO, hingga beralih ke HBS di Batavia pada 1919.

Setelahnya, pada 1921 Mohammad Hatta terbang ke Belanda untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool atau Rotterdam School of Commerce.

2. Ahmad Soebardjo
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4160 seconds (11.97#12.26)