Ini Macam-macam Biaya di Kuliah yang Perlu Calon Mahasiswa Tahu

Selasa, 15 November 2022 - 06:07 WIB
loading...
Ini Macam-macam Biaya di Kuliah yang Perlu Calon Mahasiswa Tahu
Mahasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Biaya kuliah sudah sangat sering menjadi topik utama bagi para calon mahasiswa, mahasiswa dan juga orang tua. Besarnya biaya kuliah baik di PTN maupun PTS terkadang menjadi alasan mengapa seseorang belum bisa melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya apa saja sih biaya kuliah yang membuat banyak orang untuk menunda pendidikan hingga ke bangku perguruan tinggi ini? Alasan lain dengan mengetahui berbagai biaya kuliah ini tentunya menjadi tolak ukur kamu sebelum benar-benar memutuskan untuk masuk pada jurusan kuliah yang kamu minati.

Baca juga: Calon Mahasiswa Perlu Tahu 5 Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur

Berikut ini dia biaya-biaya di perkuliahan yang dapat kalian kenali untuk menjadi tolak ukur sebelum memilih jurusan di perguruan tinggi.

1. Uang pangkal

Uang pangkal merupakan uang yang harus dibayarkan oleh mahasiswa baru di perguruan tinggi pada awal-awal masuk perkuliahan. Biaya ini dikenal pula dengan istilah uang pembangunan atau uang gedung. Pembayaran uang ini hanya dilakukan satu kali selama berkuliah yang dibayarkan bersamaan dengan pembayaran UKT pertama kali.

Baca juga: Ini Daftar 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Besaran uang pangkal di setiap perguruan tinggi tentunya berbeda-beda sesuai dengan jurusan yang kalian ambil. Namun untuk perguruan tinggi negeri dipengaruhi dengan jalur masuk kamu untuk memasuki perguruan tinggi tersebut.

2. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

UKT atau Uang Kuliah tunggal merupakan biaya kuliah yang harus dibayarkan di setiap semester setiap memulai semester baru. Sistem pembayaran UKT sendiri merupakan sistem yang pembayarannya ditentukan oleh pemerintah sehingga mahasiswa yang merasa keberatan dengan UKT-nya dapat meminta keringanan untuk menurunkan nilai UKT miliknya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1338 seconds (11.210#12.26)