Ini 5 Fakta Menarik Alasan di Balik Syarat Masuk SD 7 Tahun

Rabu, 16 November 2022 - 13:56 WIB
loading...
A A A
Secara psikologis, konsentrasi yang dimiliki anak usia 7 tahun perlahan meningkat dengan rentang waktu konsentrasi sekitar 30 hingga 45 menit. Anak dapat membedakan, memilih dan menilai hal apa saja yang baik untuk dilakukan maupun tidak dilakukan.

Sementara pada anak yang usianya di bawah 7 tahun masih perlu membutuhkan waktu karena masih tahap mengembangkan keterampilan gerak, sehingga sangat sulit untuk berkonsentrasi apabila sudah berada di Sekolah Dasar.

2. Kemampuan kognitif yang baik

Kemampuan membaca, menulis serta berhitung sederhana merupakan sebuah pemahaman yang wajib dimiliki anak supaya dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik di kelas.

Tidak hanya itu, anak juga diharapkan dapat mendengarkan dan mematuhi instruksi yang diberikan guru-guru di sekolah. Rata-rata anak berusia 7 tahun sudah lebih memahami hal seperti ini.

3. Fisik yang lebih kuat

Anak dengan usia 7 tahun tak jarang dilihat tubuhnya sudah lebih siap dengan pergerakan motoriknya yang lebih baik. Sehingga tidak masalah bagi sang anak untuk bertahan di dalam kelas untuk menerima pembelajaran mulai dari pagi hingga siang hari.

4. Tingkat emosi yang lebih matang

Anak yang berusia di bawah 7 tahun masih sangat sulit untuk mengendalikan emosinya, biasanya mereka akan mudah marah dan menangis untuk mengatasi sesuatu. Anak berusia di bawah 7 tahun masih ingin memiliki waktu bermain yang banyak daripada belajar.

Sementara bagi anak yang sudah berusia 7 tahun mereka lebih mampu mengendalikan emosinya dan dapat membedakan waktu untuk belajar, bermain dan mengerjakan tugas sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)