Pospenas Antarpesantren Resmi Dibuka, Menag: Sportifitas Adalah Ajaran Agama

Rabu, 23 November 2022 - 23:43 WIB
loading...
Pospenas Antarpesantren Resmi Dibuka, Menag: Sportifitas Adalah Ajaran Agama
Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX 2022 resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Stadion Manahan, Surakarta, Rabu (23/11/2022). Foto/Dok/Kemenag
A A A
JAKARTA - Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional ( Pospenas ) ke IX Tahun 2022 resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, di Stadion Manahan, Surakarta, Rabu malam (23/11/2022), pukul 21:00 WIB.

Seremoni pembukaan menampilkan defile semua kontingen dari 34 provinsi, dimeriahkan berbagai penampilan, di antaranya marching band Gema Nawa Katika dan tari kecak santri , sebuah tari konvergensi kecak dengan tarian sufi dan nada selawatan.

Baca juga: Dilepas Gus Yasin, Obor Pospenas IX 2022 Dikirab dari Grobogan Menuju Surakarta

Tampak hadir pada acara ini Sekda Provinsi Jateng Sumarno, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Wahyu Widodo, dan sejumlah perwakilan Gubernur dan Bupati.

Dari Kemenag tampak Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jateng Mustain Ahmad.

Gubernur Ganjar Pranowo yang dijadwalkan hadir memberi sambutan hanya mengirimkan wakil, karena pada saat yang sama mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang berkunjung ke Banyumas.

Baca juga: Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah di Jogja, Tampilkan Robot Terapan hingga Lingkungan

Di depan 4 ribu atlit dan official serta 20 ribu santri yang memadati stadion Manahan Surakarta, Menag berpesan agar para santri berlaga dengan menjaga sportifitas tinggi.

"Ingat, sportifitas dan kejujuran adalah di antara sekian banyak nilai yang selama ini diajarkan para kiai dan pengasuh pesantren. Praktikan itu di sini, dengan berlomba penuh respek dan sportif," serunya disambut gegap gempita para hadirin.

Santri adalah penuntut ilmu yang konsisten memegang prinsip agama Islam. Ia bisa menjadi atlit, seniman, dan banyak profesi lain, dengan tetap memegang teguh karakter agamis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1967 seconds (11.97#12.26)